Skip to main content

Featured

Singgahi Lombok, Begini sambutan Krida Toyota atas kedatangan Tim Beyond Indonesia - East Timor with Toyota

Kedatangan Tim Beyond Journey di Krida Toyota NTB pada tanggal 17 April 2018
Berbicara tentang mobil, aku yakin sebagian dari kalian pasti berpikiran tentang satu nama merek mobil yang terkenal yang katanya awet dan irit yaitu "TOYOTA", dan tepat sekali beberapa hari yang lalu Selasa, 17 April 2018 di Krida Toyota (Dealer Resmi Toyota di Lombok) pun dengan gembira menyambut kedatangan para team Beyond Beautiful Indonesia yang telah melakukan perjalanan panjang kurang lebih 20 hari dari Indonesia Barat hingga Timor Timor. 
Wah aku gak abis pikir nih melakukan perjalanan jauh  selama 20 hari untuk suatu misi dan melewati darat laut gunung pantai dan sebagainya dengan hanya menggunakan mobil via darat. Salut buat om-om journey.

Oh ya, sebelumnya pasti kalian pada masih belum tau siapa sih Tim Beyond Journey ini. Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia merupakan gabungan tiga komunitas. Pertama, Team Velozity Journey 2018. Kedua, Team Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI). Ketiga,

3 Tahun di Klungkung

Hi teman - teman .. :)

Di Perempatan Jalan Patung Catur Muka, Semarapura, Klungkung
Kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang  Klungkung. Pasti banyak yang kagak tahu ya pasti dimana itu Klungkung. Here my story.. Yah sekedar kalian perlu tahu jadi Klungkung itu adalah sebuah Kabupaten kecil di Provinsi Bali, jadi ibu kotanya itu namanya Semarapura. Hmm.. Klungkung itu kabupaten paling kecil di Bali. Yah bisa dibilang paling sedikit luas daerahnya diantara yang lainnya. Tetapi apa kalian tahu, di Klungkung inilah dahulu terdapat kerajaan Bali yang letaknya di Gel-gel. Sejarahnya juga disini pernah terjadi Perang Puputan Klungkung dan Puputan Kusamba (Perang habis - habisan).  Letaknya bisa kalian lihat di peta. Klungkung ini diapit oleh 3 kabupaten, Gianyar, Buleleng, Karangasem. Okeh ntar kalian bisa lihat sendiri di peta sebagaimana kecilnya kabupaten ini..

Udah lama banget enggak ke Klungkung lagi, terakhir saat perayaan upacara ngaben nenek dari ibu saya bulan Januari 2012. Walaupun begitu, saya sebenarnya sudah pernah menikmati rasanya tinggal di sini. Tak lebih dari 3 tahunan saya pernah tinggal disana. Berawal dari kepindahan mutasi mama saya ke Gianyar, Bali saat saya mengenyam pedidikan di kelas 5 SD. Mau tidak mau pun saya pindah kesana sekeluarga. Ya, syukur kami masih memiliki keluarga dari bapak saya di sana jadi kami pun memutuskan untuk tinggal menmpang di rumah keluarga di Br. Pande, Klungkung. Lalu mama saya pun tak ada pilihan lain dengan pulang pergi setiap hari Klungkung - Gianyar selama bekerja disana.

Rasanya hidup di sana ?
Beda dengan di Mataram, Lombok pastinya. Berbeda dari segi kebiasaan, adat, budaya nya. Kalo di Klungkung tergolong masih tradisional - rural sih dibandingin tinggal di daerah lain di Bali. Pertama tama hidup disana pastinya shock culture. Yah.. kalo di sana bangun pagi itu udah biasa. Di sana kita biasa harus bangun jam 4. Aktivitas mereka dimulai dari pagi-pagi subuh loh. Oh ya apakah kalian tahu Pasar di sana itu ya buka nya udah pagi - pagi subuh banget. Jam 4-5 pagi yang masih gelap aja di jalan dekat pasar itu udah rame. Kalo di sana tergolong aman lah. Wong saya aja udah biasa sering kalo tiba nyampe di pelabuhan padang bai jam 4an pagi dan di jalan itu udah ada yang nongol loh di jalan - jalan, mungkin mereka pergi kepasar. Beda banget sama di Lombok, kalo nyampe di pelabuhan Lembar nya subuh pagi, di jalan dan suasananya masih gelap dan sepi gak ada orang yang jalan-jalan. Uwow...

Eh lanjut lagi, kalo disana kita berangkat ke Sekolah rata-rata pada jalan kaki nih atau engga ya naik bemo kalo jauh. Jarang banget yang naik sepeda atau motor. Mungkin ya karena lumayan dekatlah lokasi rumah dengan sekolah. Pergi kesekolah saya dulu pagi jam 6.30 udah jalan bareng - bareng temen. Disana kalo berangkat ya jalan rame - rame, jadi  lumayan juga di jalan ada temen ngobrol eh tahu - tahunya gak kerasa udah nyampe disekolah kalau pas lagi gak ada temen ya bisa juga berangkatnya sendiri.

Sepanjang jalan utama pertokoan di kota, Klungkung
Gini nih foto suasananya di sana. Sepi ? Bukan, saya sengaja mencari timing yang sepi hahaha agak malu lah kalo di ramenya saya foto. Oh ya nah di jalan stapak ini nih biasanya kita jalan. Strukture bangunannya disini (disekitar ruamh saya sih) rata- rata tinggi-tinggi. Maksudnya dari dulu rumahnya udah bertingkat - tingkat begitu, atau enggak letak rumahnya itu diatas. Mungkin karena di kota tanahnya sempit jadi mereka berpikir untuk membuat bangunan yang bertingkat untuk menghemat luas. Coba lihat di foto gambar rumahnya. Dibawah bangunan itu biasanya di pakai untuk buka usaha toko sedangkan diatasnya ya rumah untuk tinggal. Style art ukiran bangunannya khas Bali pastinya.

Bersih ? Ia lumayan bersih pastinya. Gak ada tahi kuda nya pastinya seperti di Lombok :p. Sampah paling bekas sampah canang - canang.

Apa saja sih tempat - tempat pariwisata terkenal di Klungkung ?
Lumayan banyak. Salah satunya yang saya pernah kunjungi ya di monumen puputan Klungkung.
selain di Monumen ada juga namanya KERTAGOSA. Uniknya Kerta Gosa dan Monumen ini sama - sama letaknya di pusat kota Klungkung. Ya ditengah-tengahnya, kebayang kan ramenya gimana tapi eittss kamu salah, malahan dengan adanya Kerta Gosa di tengah kota menjadikan Klungkung ini lebih sejuk dan pastinya suasanyanya itu lohh, feel nya dapet kalo kamu mau sekedar having fun - stress out - menghilangkan penat gitu. Kerta Gosa ini letaknya tepat diseberang Monumen loh. Kerta Gosa ini adalah seperti tempat persidangan/rapat para Raja - raja terdahulu. Nah di dalam Kerta Gosa itu ada 1 Museum juga loh, terus ada 2 bangunan besar, yang satunya tempat rapat Raja dan satunya lagi sepertinya tempat persidangan. Nah di tempat persidangan ini disekitarnya ada kolam loh. Di kolam itu ada banyak ikan nya, besar - besar pula. Dan pastinya gak ada yang berani mengambil/mencuri ikan tersebut. Mitos katanya air didalam kolam itu tak ada yang tahu kedalamannya berapa. Lumayan tenget lah tempatnya. 

Gini nih dalemnya Kerta Gosa, tamannya hijauuuuu, unique, coollll :)

Kerta Gosa, Klungkung

Perempatan Catur Muka, tengah kota Klungkung


Regards
- W -

Comments