Skip to main content

Featured

Yuk, Dukung Germas Hidup Sehat ! Sehat itu Murah, Sakit itu Mahal

Waduh, menurutku tidak ada kata terlambat untuk hidup lebih sehat dan teratur. Kalau kemarin-kemarin kita menjalani hidup tidak sehat, maka sekarang saatnya kita mulai mengubah gaya dan pola hidup lebih sehat.
Ya,   "Gaya dan Pola Hidup Sehat"
Kalimat ini sangat sederhana untuk didengar, tapi kebiasaan inilah yang sering masyarakat Indonesia termasuk aku sendiri masih sulit untuk dilakukan. Buktinya ya masih saja kita sering mengkonsumsi junk food atau gorengan dan sebagainya. Hehehe...
Memang, kenapa sih kita harus ubah pola gaya hidup kita lebih sehat ??

Hmm... kalau kita sehat ya kita bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Aku yakin pasti kalian gak suka kan kalo setiap hari mesti minum obat pahit plus dikasi suntikan ke kulit gitu kalo lagi sakit. Iiiiiyy serem banget kedengerannya....










Sering dengar kalimat " Mencegah lebih baik daripada Mengobati " gak?

Tentu saja kalo sakit pasti harus di obati. Jaman sekarang biaya obat dan biaya rumah sakit lumayan mah…

3 Tahun di Klungkung

Hi teman - teman .. :)

Di Perempatan Jalan Patung Catur Muka, Semarapura, Klungkung
Kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang  Klungkung. Pasti banyak yang kagak tahu ya pasti dimana itu Klungkung. Here my story.. Yah sekedar kalian perlu tahu jadi Klungkung itu adalah sebuah Kabupaten kecil di Provinsi Bali, jadi ibu kotanya itu namanya Semarapura. Hmm.. Klungkung itu kabupaten paling kecil di Bali. Yah bisa dibilang paling sedikit luas daerahnya diantara yang lainnya. Tetapi apa kalian tahu, di Klungkung inilah dahulu terdapat kerajaan Bali yang letaknya di Gel-gel. Sejarahnya juga disini pernah terjadi Perang Puputan Klungkung dan Puputan Kusamba (Perang habis - habisan).  Letaknya bisa kalian lihat di peta. Klungkung ini diapit oleh 3 kabupaten, Gianyar, Buleleng, Karangasem. Okeh ntar kalian bisa lihat sendiri di peta sebagaimana kecilnya kabupaten ini..

Udah lama banget enggak ke Klungkung lagi, terakhir saat perayaan upacara ngaben nenek dari ibu saya bulan Januari 2012. Walaupun begitu, saya sebenarnya sudah pernah menikmati rasanya tinggal di sini. Tak lebih dari 3 tahunan saya pernah tinggal disana. Berawal dari kepindahan mutasi mama saya ke Gianyar, Bali saat saya mengenyam pedidikan di kelas 5 SD. Mau tidak mau pun saya pindah kesana sekeluarga. Ya, syukur kami masih memiliki keluarga dari bapak saya di sana jadi kami pun memutuskan untuk tinggal menmpang di rumah keluarga di Br. Pande, Klungkung. Lalu mama saya pun tak ada pilihan lain dengan pulang pergi setiap hari Klungkung - Gianyar selama bekerja disana.

Rasanya hidup di sana ?
Beda dengan di Mataram, Lombok pastinya. Berbeda dari segi kebiasaan, adat, budaya nya. Kalo di Klungkung tergolong masih tradisional - rural sih dibandingin tinggal di daerah lain di Bali. Pertama tama hidup disana pastinya shock culture. Yah.. kalo di sana bangun pagi itu udah biasa. Di sana kita biasa harus bangun jam 4. Aktivitas mereka dimulai dari pagi-pagi subuh loh. Oh ya apakah kalian tahu Pasar di sana itu ya buka nya udah pagi - pagi subuh banget. Jam 4-5 pagi yang masih gelap aja di jalan dekat pasar itu udah rame. Kalo di sana tergolong aman lah. Wong saya aja udah biasa sering kalo tiba nyampe di pelabuhan padang bai jam 4an pagi dan di jalan itu udah ada yang nongol loh di jalan - jalan, mungkin mereka pergi kepasar. Beda banget sama di Lombok, kalo nyampe di pelabuhan Lembar nya subuh pagi, di jalan dan suasananya masih gelap dan sepi gak ada orang yang jalan-jalan. Uwow...

Eh lanjut lagi, kalo disana kita berangkat ke Sekolah rata-rata pada jalan kaki nih atau engga ya naik bemo kalo jauh. Jarang banget yang naik sepeda atau motor. Mungkin ya karena lumayan dekatlah lokasi rumah dengan sekolah. Pergi kesekolah saya dulu pagi jam 6.30 udah jalan bareng - bareng temen. Disana kalo berangkat ya jalan rame - rame, jadi  lumayan juga di jalan ada temen ngobrol eh tahu - tahunya gak kerasa udah nyampe disekolah kalau pas lagi gak ada temen ya bisa juga berangkatnya sendiri.

Sepanjang jalan utama pertokoan di kota, Klungkung
Gini nih foto suasananya di sana. Sepi ? Bukan, saya sengaja mencari timing yang sepi hahaha agak malu lah kalo di ramenya saya foto. Oh ya nah di jalan stapak ini nih biasanya kita jalan. Strukture bangunannya disini (disekitar ruamh saya sih) rata- rata tinggi-tinggi. Maksudnya dari dulu rumahnya udah bertingkat - tingkat begitu, atau enggak letak rumahnya itu diatas. Mungkin karena di kota tanahnya sempit jadi mereka berpikir untuk membuat bangunan yang bertingkat untuk menghemat luas. Coba lihat di foto gambar rumahnya. Dibawah bangunan itu biasanya di pakai untuk buka usaha toko sedangkan diatasnya ya rumah untuk tinggal. Style art ukiran bangunannya khas Bali pastinya.

Bersih ? Ia lumayan bersih pastinya. Gak ada tahi kuda nya pastinya seperti di Lombok :p. Sampah paling bekas sampah canang - canang.

Apa saja sih tempat - tempat pariwisata terkenal di Klungkung ?
Lumayan banyak. Salah satunya yang saya pernah kunjungi ya di monumen puputan Klungkung.
selain di Monumen ada juga namanya KERTAGOSA. Uniknya Kerta Gosa dan Monumen ini sama - sama letaknya di pusat kota Klungkung. Ya ditengah-tengahnya, kebayang kan ramenya gimana tapi eittss kamu salah, malahan dengan adanya Kerta Gosa di tengah kota menjadikan Klungkung ini lebih sejuk dan pastinya suasanyanya itu lohh, feel nya dapet kalo kamu mau sekedar having fun - stress out - menghilangkan penat gitu. Kerta Gosa ini letaknya tepat diseberang Monumen loh. Kerta Gosa ini adalah seperti tempat persidangan/rapat para Raja - raja terdahulu. Nah di dalam Kerta Gosa itu ada 1 Museum juga loh, terus ada 2 bangunan besar, yang satunya tempat rapat Raja dan satunya lagi sepertinya tempat persidangan. Nah di tempat persidangan ini disekitarnya ada kolam loh. Di kolam itu ada banyak ikan nya, besar - besar pula. Dan pastinya gak ada yang berani mengambil/mencuri ikan tersebut. Mitos katanya air didalam kolam itu tak ada yang tahu kedalamannya berapa. Lumayan tenget lah tempatnya. 

Gini nih dalemnya Kerta Gosa, tamannya hijauuuuu, unique, coollll :)

Kerta Gosa, Klungkung

Perempatan Catur Muka, tengah kota Klungkung


Regards
- W -

Comments