TUGAS KELOMPOK PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN
“HAPPY YOGHURT”
I.
Pendahuluan
1.
Latar
Belakang
Di era modern ini
banyak orang yang cenderung menginginkan hidup serba instant, padahal sesuatu
yang instan itu tidak baik dan berdampak negative. Banyak masyarakat mempunyai
pola konsumsi makanan yang tidak memperhatikan aspek kesehatan karena mereka
hanya menginginkan kemudahan/ kepraktisan padahal didalam makanan yang instan
tersebut terdapat bahan-bahan kimia yang sangat merugikan bagi kesehatan dan suatu
saat nanti akan menimbulkan bermacam-macam penyakit yang diderita seperti
masyarakat modern ini. Pola hidup instan tersebut banyak diterapkan oleh orang-orang
yang mempunyai tingkat kesibukan tinggi karena mereka tidak memikirkan akan
dampak negative dari makanan tersebut dan hanya menginginkan yang praktis dan
mudah dalam mengkonsumsi makanan.
Namun dengan
seiringnya waktu masyarakat menyadari akan pentingnya kesehatan. Mereka
menyadari bahwa sehat itu mahal sehingga mereka ingin kembali hidup sehat. Karena
semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk kembali hidup sehat maka
sekarang muncul beberapa makanan yang divermentasi dan baik bagi kesehatan
salah satunya yoghurt. Yoghurt ini tidak hanya enak dimakan tetapi juga baik
bagi kesehatan serta rendah lemak serta masih banyak manfaat lainnya. Sehingga
banyak masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt meskipun yoghurt saat ini
masih kurang dikenal oleh masyarakat luas.
Yoghurt
atau yogurt, adalah susu
yang dibuat melalui fermentasi bakteri.
Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang
kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu
sapi.
Fermentasi gula susu (laktosa)
menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein
susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yogurt
saat ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat, baik pada anak-anak maupun
orang dewasa.
Yoghurt kaya akan nutrisi yang baik
dimana yogurt ini memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti menjaga tulang
tetap sehat, mengandung bakteri baik, membantu menurunkan tekanan darah tinggi,
melancarkan pencernaan, membantu diet, selain itu juga baik untuk menjaga
kesehatan kulit. Bila mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat menjauhkan kita
dari kanker usus. Yogurt lebih mudah dicerna jika diabandingkan dengan susu,
dan sangat baik untuk menjaga tubuh kita dari berbagai macam penyakit
Dengan dasar pemikiran
itulah usaha Yoghurt ini dibuat. usaha yoghurt ini dipilih karena tidak
membutuhkan modal yang terlalu banyak dan semakin hari banyak masyarakat yang
mencari produk ini.Pengetahuan akan pembuatan dan manfaat yoghurt bagi
kesehatan oleh penulis ini sangat mendukung proses proses dan operasi usaha ini.
2.
Justifikasi
pemilihan objek usaha
Yogurt merupakan suatau makanan yang
diminati oleh segala kalangan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Yoghurt
merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat yang sekarang ini semakin
diminati oleh masyarakat kita. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan atau
pun diminum dalam bentuk padat dan cair.. Namun seakan ingin menawarkan varian
yogurt yang berbeda, kami memiliki konsep ide dengan menyajikan yogurt dengan cara
lain. Ide usaha yang kami rencanakan yaitu dengan menyuguhkan yogurt dengan
berbagai topping/isi berbeda varian rasa yang bias dipilih sesuai selera
konsumen.
Selain itu juga menyajikan yoghurt yang
telah diolah yaitu frozen yoghurt. Frozen yoghurt berbeda dari es krim pada
segi kesehatannya. Kalori dalam es krim
lebih tinggi dari frozen yoghurt. Dalam es krim terdapat 342 kkal,
sedangkan pada yoghurt hanya 170 kkal. Dengan demikian, kandungan kalori dalam
es krim 50 persen lebih tinggi.
Begitu pula dengan kandungan gula. Dalam
es krim terdapat 38 gram gula, sementara pada frozen yoghurt hanya 27
gram sehingga lebih rendah 30 persen. Jika dilihat dari kandungan kolesterol,
frozen yoghurt juga unggul 93 persen. Dalam es krim terdapat 68 miligram
kolesterol, sedangkan pada frozen yoghurt hanya 5,8 miligram. Dengan demikian,
es krim dan frozen yoghurt itu sama enaknya, tapi tidak sama sehatnya.
3.
Tujuan
Tujuan usaha bagi pemilik yaitu dengan
melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang dan menghasilkan
keuntungan. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis dan
mengembangkannya kea rah yang lebih baik. Pembelajaran yang diperoleh seperti
bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi
senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
Bagi masyarakat di Mataram yang menjadi
calon konsumen diharapkan dengan adanya frozen yoghurt ini, dapat menjadi
alternative kuliner. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan
kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah
berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
II.
Analisis
Produk
1.
Karakteristik
Produk
Jenis
usaha : Makanan
Nama
: Happy Yoghurt
Produk yang kami
tawarkan adalah Happy Yoghurt, dimana kami menyuguhkan frozen yogurt dengan
berbagai topping yang unik dan berbeda varian rasa yang bisa dipilih sesuai
selera pembeli. Yogurt lembut ini kami sajikan dalam sebuah cup dengan
toppingnya berupa stroberry, chococips, ,oreo, green tea, anggur, melon,
capucino dan varian rasa lainnya. Harga 1 cup Happy Yogurt adalah Rp. 10.000
2.
Kolom
Analisis Produk
Product
Features
|
Main Selling
Features
|
Unique product
Features
|
Benefits
|
Buying Motives
|
-
Yoghurt
-
Topping :
1. Buah-buahan
( strawberry, blueberry, pisang, kiwi, dll)
2. Cake/
Biscuit/Sweet ( oreo, chocochips, permen, dll)
|
-
tidak mengandung bahan pengawet
-
kualitas rasa yang enak dan tekstur yang lembut
-
kemasan yang menarik
-
harga yang relative terjangkau
-
kualitas yoghurt dan bahan topping yang berkualitas baik
|
-
Frozen Yoghurt
-
Topping yang bervariasi
|
-
Kandungan Gizi Frozen Yoghurt :
1.
Kalori 170 kkal
2.
Gula 27 gram
3.
Kolesterol 5,8 miligram
-
Manfaat :
Menjaga tulang tetap sehat, mengandung
bakteri baik, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan
pencernaan, membantu diet, menjaga kesehatan kulit, menjauhkan kita dari
kanker usus
|
kesehatan,
penampilan, gaya hidup, varian rasa
|
III.
Analisis Pasar
1.
Profil
Konsumen
Masyarakat yang cenderung menginginkan hidup sehat
tapi instant, konsumsi makanan rendah lemak dan enak. Baik
dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
2.
Potensi
Dan Segmentasi Pasar
Rasa
yogurt yang asam dan segar membuatnya banyak diminati masyarakat.
Segmen pemasaran dari usaha Happy Yoghurt ini nantinya meliputi semua
kalangan baik yang mempunyai penghasilan tinggi, sedang, ataupun rendah dari
anak-anak sampai dewasa. Dengan mencakup semua segmen tersebut diharapkan dapat
memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan lebih mempercepat perkembangan usaha
kedepannya.
3.
Pesaing
Dan Peluang Pasar
Melihat pesaing yang sejenis masih minim di Mataram
dan pangsa pasar bisnis ini yang begitu luas untuk semua kalangan, membuat
prospek bisnis ini begitu menjanjikan.
4.
Promosi
Kami
mempromosikan produk Happy Yogurt ke berbagai media social, lalu dari mulut
kemulut dan menerima pesanan sesuai selera topping yang diinginkan.
5.
Target
Dan Rencana Penjualan
Dalam perencanaannya satu bulan setelah
dibuka usaha ini target minimal yang harus tercapai adalah ada 1500 porsi
yogurt yang dikonsumsi masyarakat.
6.
Strategi
Pemasaran
Adapun strategi
pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka mengenalkan produk pada konsumennya
adalah :
a. Melakukan kerjasama
dengan toko-toko kecil dan mini market yang ada di Mataram
b. Pasang iklan di media
radio dan media internet
c. Menjaga standar mutu
produk serta menjaga kepercayaan dan pelayanan yang ramah pada konsumen.
d. Memberikan harga
khusus.
e. Menyebarkan
Brosur dan stiker usaha di sekolah dan kampus yang ada di Mataram
IV.
Analisis
Produksi/Operasi
1.
Bahan
Dan Alat
Bahan :
·
Whipcream cair
dingin
·
Plain Yoghurt
·
Whipcream bubuk
·
Gula bubuk/gula
atau madu
pasir sesuai selera
·
Buah,
seperti strawberry, anggur, jeruk, melon, capucino dan varian rasa lainnya
·
Chocolate
chips, oreo, green tea,
Alat
:
·
Mangkuk,
dan mesin pembuat es krim
·
Panci berisi air dingin untuk mendinginkan panci berisi susu
·
Sendok dan Pengaduk plastik/kayu
·
Cup es krim kecil untuk menakar yoghurt plain atau wadah plastik kecil
untuk menyimpan yoghurt
·
Timbangan, Kompor
·
Kotak kardus atau kotak styrofoam untuk incubator
·
Almari pendingin/kulkas atau freezer
2.
Pasokan
Bahan Baku
Rencana bahan baku untuk produk kami mendapatkan bahan
dengan membeli di supermartket terdekat dalam bentuk plain yogurt atau yogurt
sudah jadi. Sedangkan untuk bahan baku lainnya seperti buah-buahan untuk
toppingnya kami membeli di pasar buah.
3.
Proses
Produksi/Operasi
Proses
pembuatannya antara lain :
1. Campur whipcream cair dan bubuk dalam wadah besar supaya
nggak belepotan saat mengocok.
2. Mixer dari kecepatan rendah, lalu tambah kecepatan secara
perlahan. Kocok terus sampai mengembang.
3. Setelah tampak mengembang, masukan plain yoghurt dan gula
jika suka. Kocok terus tapi jangan terlalu lama.
4. Setelah campuran tampak rata dan halus, tutup dengan
clingwarp dan bekukan kurang lebih 4 jam.
5. Setelah beku, diamkan adonan sebentar lalu kocok lagi dengan
mixer hingga merata. Bekukan lagi selama sekitar 4 jam.
6.
Setelah
4 jam, keluarkan dari freezer dan jadi deh
4.
Rencana
Produksi
Target produksi kami memproduksi sebanyak 50 cup
frozen yogurt per hari
V.
Analisis
Keuangan
1.
Modal
Dan Investasi
Alat dan bahan menghabiskan Rp. 3.000.000.-
Anggaran biaya ...... \(tergantung kebutuhan dan skala usahanya)
I really appreciate your support on this.
ReplyDeleteLook forward to hearing from you soon.
I’m happy to answer your questions, if you have any.
เครดิตฟรี
แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย
คาสิโนออนไลน์
Many thanks for your kind invitation. I’ll join you.
ReplyDeleteWould you like to play cards?
Come to the party with me, please.
See you soon...
คาสิโนออนไลน์
คาสิโนออนไลน์
คาสิโนออนไลน์
แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย