Skip to main content

Featured

Pake Aplikasi My Blue Bird, Diskon 10% Belanja Oleh-oleh Khas Lombok di Sasaku

Halo, buat kalian para penumpang setia dan pengguna transpotasi Lombok Taksi (Taksi Blue Bird) mulai saat ini ada kabar gembira. Mulai per tanggal 7 September 2017, Pusat Oleh-Oleh "Sasaku" yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi - NTB, memberikan "discount" atau potongan harga sebesar 10 persen dari total transaksi belanja bagi pengguna Lombok Taksi (Blue Bird Group).
Tentunya terkadang kita ingin membawa sesuatu yang khas dari daerah atau tempat wisata yang kita kunjungi. Baik itu barang koleksi ataupun kudapan lokal. Kalau Bali punya Joger, Krishna ataupun yang lainnya. Jogja punya Dagadu maupun brand-brand lain. 
Lombok juga tidak kalah menarik, karena memiliki pusat oleh-oleh terbesar bernama Sasaku, yang dimana membuka gerai baru di jalan Senggigi. Selain itu kebetulan baru di buka Sasaku Resto tepatnya berada di lantai 2, outlet Sasaku Senggigi.


Kerja sama Lombok Taksi dengan Sasaku, Toko Oleh-oleh Khas Lombok




Sebagai bentuk layanan pihak Blue Bird terhadap ta…

Analisis Ide Usaha Cemerlang dan Sehat pada Kewirausahaan Yogurt Toping

TUGAS KELOMPOK PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

HAPPY YOGHURT

I.            Pendahuluan
1.            Latar Belakang
Di era modern ini banyak orang yang cenderung menginginkan hidup serba instant, padahal sesuatu yang instan itu tidak baik dan berdampak negative. Banyak masyarakat mempunyai pola konsumsi makanan yang tidak memperhatikan aspek kesehatan karena mereka hanya menginginkan kemudahan/ kepraktisan padahal didalam makanan yang instan tersebut terdapat bahan-bahan kimia yang sangat merugikan bagi kesehatan dan suatu saat nanti akan menimbulkan bermacam-macam penyakit yang diderita seperti masyarakat modern ini. Pola hidup instan tersebut banyak diterapkan oleh orang-orang yang mempunyai tingkat kesibukan tinggi karena mereka tidak memikirkan akan dampak negative dari makanan tersebut dan hanya menginginkan yang praktis dan mudah dalam mengkonsumsi makanan.
Namun dengan seiringnya waktu masyarakat menyadari akan pentingnya kesehatan. Mereka menyadari bahwa sehat itu mahal sehingga mereka ingin kembali hidup sehat. Karena semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk kembali hidup sehat maka sekarang muncul beberapa makanan yang divermentasi dan baik bagi kesehatan salah satunya yoghurt. Yoghurt ini tidak hanya enak dimakan tetapi juga baik bagi kesehatan serta rendah lemak serta masih banyak manfaat lainnya. Sehingga banyak masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt meskipun yoghurt saat ini masih kurang dikenal oleh masyarakat luas.
Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yogurt saat ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.
Yoghurt kaya akan nutrisi yang baik dimana yogurt ini memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti menjaga tulang tetap sehat, mengandung bakteri baik, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, membantu diet, selain itu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bila mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat menjauhkan kita dari kanker usus. Yogurt lebih mudah dicerna jika diabandingkan dengan susu, dan sangat baik untuk menjaga tubuh kita dari berbagai macam penyakit
Dengan dasar pemikiran itulah usaha Yoghurt ini dibuat. usaha yoghurt ini dipilih karena tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak dan semakin hari banyak masyarakat yang mencari produk ini.Pengetahuan akan pembuatan dan manfaat yoghurt bagi kesehatan oleh penulis ini sangat mendukung proses proses dan operasi usaha ini.

2.            Justifikasi pemilihan objek usaha
Yogurt merupakan suatau makanan yang diminati oleh segala kalangan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Yoghurt merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat yang sekarang ini semakin diminati oleh masyarakat kita. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan atau pun diminum dalam bentuk padat dan cair.. Namun seakan ingin menawarkan varian yogurt yang berbeda, kami memiliki konsep ide dengan menyajikan yogurt dengan cara lain. Ide usaha yang kami rencanakan yaitu dengan menyuguhkan yogurt dengan berbagai topping/isi berbeda varian rasa yang bias dipilih sesuai selera konsumen.
Selain itu juga menyajikan yoghurt yang telah diolah yaitu frozen yoghurt. Frozen yoghurt berbeda dari es krim pada segi kesehatannya. Kalori dalam es krim  lebih tinggi dari frozen yoghurt. Dalam es krim terdapat 342 kkal, sedangkan pada yoghurt hanya 170 kkal. Dengan demikian, kandungan kalori dalam es krim 50 persen lebih tinggi.
Begitu pula dengan kandungan gula. Dalam es krim terdapat 38 gram gula, sementara pada frozen yoghurt hanya  27 gram sehingga lebih rendah 30 persen. Jika dilihat dari kandungan kolesterol, frozen yoghurt juga unggul 93 persen. Dalam es krim terdapat 68 miligram kolesterol, sedangkan pada frozen yoghurt hanya 5,8 miligram. Dengan demikian, es krim dan frozen yoghurt itu sama enaknya, tapi tidak sama sehatnya.

3.            Tujuan
Tujuan usaha bagi pemilik yaitu dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis dan mengembangkannya kea rah yang lebih baik. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
Bagi masyarakat di Mataram yang menjadi calon konsumen diharapkan dengan adanya frozen yoghurt ini, dapat menjadi alternative kuliner. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.

II.          Analisis Produk
1.            Karakteristik Produk
Jenis usaha : Makanan
Nama : Happy Yoghurt
Produk yang kami tawarkan adalah Happy Yoghurt, dimana kami menyuguhkan frozen yogurt dengan berbagai topping yang unik dan berbeda varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera pembeli. Yogurt lembut ini kami sajikan dalam sebuah cup dengan toppingnya berupa stroberry, chococips, ,oreo, green tea, anggur, melon, capucino dan varian rasa lainnya. Harga 1 cup Happy Yogurt adalah Rp. 10.000
2.            Kolom Analisis Produk

Product
Features
Main Selling
Features
Unique product
Features
Benefits
Buying Motives
- Yoghurt
- Topping :
1. Buah-buahan ( strawberry, blueberry, pisang, kiwi, dll)
2. Cake/ Biscuit/Sweet ( oreo, chocochips, permen, dll)
- tidak mengandung bahan pengawet
- kualitas rasa yang enak dan tekstur yang lembut
- kemasan yang menarik
- harga yang relative terjangkau
- kualitas yoghurt dan bahan topping yang berkualitas baik
-   Frozen Yoghurt
-   Topping yang bervariasi

-    Kandungan Gizi Frozen Yoghurt :
1. Kalori 170 kkal
2. Gula 27 gram
3. Kolesterol 5,8 miligram
-          Manfaat :
Menjaga tulang tetap sehat, mengandung bakteri baik, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, membantu diet, menjaga kesehatan kulit, menjauhkan kita dari kanker usus
kesehatan, penampilan, gaya hidup, varian rasa

III.     Analisis Pasar
1.            Profil Konsumen
Masyarakat yang cenderung menginginkan hidup sehat tapi instant, konsumsi makanan rendah lemak dan enak. Baik dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

2.            Potensi Dan Segmentasi Pasar
Rasa yogurt yang asam dan segar membuatnya banyak diminati masyarakat.
Segmen pemasaran dari usaha Happy Yoghurt ini nantinya meliputi semua kalangan baik yang mempunyai penghasilan tinggi, sedang, ataupun rendah dari anak-anak sampai dewasa. Dengan mencakup semua segmen tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan lebih mempercepat perkembangan usaha kedepannya.

3.            Pesaing Dan Peluang Pasar
Melihat pesaing yang sejenis masih minim di Mataram dan pangsa pasar bisnis ini yang begitu luas untuk semua kalangan, membuat prospek bisnis ini begitu menjanjikan.

4.            Promosi
Kami mempromosikan produk Happy Yogurt ke berbagai media social, lalu dari mulut kemulut dan menerima pesanan sesuai selera topping yang diinginkan.

5.            Target Dan Rencana Penjualan
Dalam perencanaannya satu bulan setelah dibuka usaha ini target minimal yang harus tercapai adalah ada 1500 porsi yogurt yang dikonsumsi masyarakat.

6.         Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka mengenalkan produk pada konsumennya adalah :
a.       Melakukan kerjasama dengan toko-toko kecil dan mini market yang ada di Mataram
b.      Pasang iklan di media radio dan media internet
c.       Menjaga standar mutu produk serta menjaga kepercayaan dan pelayanan yang ramah pada konsumen.
d.      Memberikan harga khusus.
e.       Menyebarkan Brosur  dan stiker usaha di sekolah dan kampus yang ada di Mataram

IV.       Analisis Produksi/Operasi
1.            Bahan Dan Alat
Bahan  :
·         Whipcream cair dingin
·         Plain Yoghurt
·         Whipcream bubuk
·         Gula bubuk/gula atau madu pasir sesuai selera
·         Buah, seperti strawberry, anggur, jeruk, melon, capucino dan varian rasa lainnya
·         Chocolate chips, oreo, green tea,

Alat :
·         Mangkuk,  dan mesin pembuat es krim
·         Panci berisi air dingin untuk mendinginkan panci berisi susu
·         Sendok dan Pengaduk plastik/kayu
·         Cup es krim kecil untuk menakar yoghurt plain atau wadah plastik kecil untuk menyimpan yoghurt
·         Timbangan, Kompor
·         Kotak kardus atau kotak styrofoam untuk incubator
·         Almari pendingin/kulkas atau freezer

2.            Pasokan Bahan Baku
Rencana bahan baku untuk produk kami mendapatkan bahan dengan membeli di supermartket terdekat dalam bentuk plain yogurt atau yogurt sudah jadi. Sedangkan untuk bahan baku lainnya seperti buah-buahan untuk toppingnya kami membeli di pasar buah.

3.            Proses Produksi/Operasi
Proses pembuatannya antara lain :
1.      Campur whipcream cair dan bubuk dalam wadah besar supaya nggak belepotan saat mengocok.
2.      Mixer dari kecepatan rendah, lalu tambah kecepatan secara perlahan. Kocok terus sampai mengembang.
3.      Setelah tampak mengembang, masukan plain yoghurt dan gula jika suka. Kocok terus tapi jangan terlalu lama.
4.      Setelah campuran tampak rata dan halus, tutup dengan clingwarp dan bekukan kurang lebih 4 jam.
5.      Setelah beku, diamkan adonan sebentar lalu kocok lagi dengan mixer hingga merata. Bekukan lagi selama sekitar 4 jam.
6.      Setelah 4 jam, keluarkan dari freezer dan jadi deh

4.            Rencana Produksi
Target produksi kami memproduksi sebanyak 50 cup frozen yogurt per hari

V.          Analisis Keuangan
1.            Modal Dan Investasi
Alat dan bahan menghabiskan Rp. 3.000.000.-
     Anggaran biaya ...... \(tergantung kebutuhan dan skala usahanya)

Comments