Skip to main content

Featured

Pake Aplikasi My Blue Bird, Diskon 10% Belanja Oleh-oleh Khas Lombok di Sasaku

Halo, buat kalian para penumpang setia dan pengguna transpotasi Lombok Taksi (Taksi Blue Bird) mulai saat ini ada kabar gembira. Mulai per tanggal 7 September 2017, Pusat Oleh-Oleh "Sasaku" yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi - NTB, memberikan "discount" atau potongan harga sebesar 10 persen dari total transaksi belanja bagi pengguna Lombok Taksi (Blue Bird Group).
Tentunya terkadang kita ingin membawa sesuatu yang khas dari daerah atau tempat wisata yang kita kunjungi. Baik itu barang koleksi ataupun kudapan lokal. Kalau Bali punya Joger, Krishna ataupun yang lainnya. Jogja punya Dagadu maupun brand-brand lain. 
Lombok juga tidak kalah menarik, karena memiliki pusat oleh-oleh terbesar bernama Sasaku, yang dimana membuka gerai baru di jalan Senggigi. Selain itu kebetulan baru di buka Sasaku Resto tepatnya berada di lantai 2, outlet Sasaku Senggigi.


Kerja sama Lombok Taksi dengan Sasaku, Toko Oleh-oleh Khas Lombok




Sebagai bentuk layanan pihak Blue Bird terhadap ta…

Pemahaman Jurnal Developing enterprise services for leisure, fitness, and human development

MAKALAH
“Mengembangan Layanan Jasa Perusahaan untuk Pemanfaatan Kegiatan Waktu Luang, Kebugaran dan Perkembangan Manusia”

Disusun Sebagai Tugas Kelompok pada Mata Kuliah Pemasaran Jasa.


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Dalam jurnal yang diberikan yang berjudul “Mengembangkan Layanan Jasa Perusahaan untuk Pemanfaatan Waktu Luang, Kebugaran dan Perkembangan Manusia” menjelaskan tentang suatu permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat ditengah era globalisasi saat ini yang dimana hal itu dipengaruhi oleh adanya perubahan kondisi ekonomi, pola hidup dan berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat yang telah dijelaskan pada jurnal tersebut. Dalam hal ini, pada jurnal tersebut mengatakan dari permasalahan itu akan memunculkan berbagai macam peluang yang bisa dijadikan suatu bisnis, sehingga dibutuhkan suatu perusahaan jasa yang peka dan bisa memanfaatkan peluang tersebut. Menurut Philip Kotler, Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud fisik dan tidak menciptakan transfer kepemilikan. Di dalam industri jasa, produk yang dihasilkan adalah jasa itu sendiri. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, faktor kualitas pelayanan yang ditawarkan merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh perusahaan.
Kegiatan dalam hidup manusia terbagi menjadi tiga bagian utama. Pertama, kegiatan bekerja untuk memperoleh pendapatan, kedua kegiatan maintenance untuk pemulihan (misalnya makan, minum, tidur) dan ketiga adalah kegiatan leisure (Mill & Morison, 1985). Kegiatan leisure adalah kegiatan pemanfaatan waktu luang, yang dapat diwujudkan dalam bentuk aktivitas olahraga dan perkembangan psikologi manusia. Gaya hidup sehat semakin mendorong minat masyarakat untuk berolahraga. Sehingga olahraga kini dijadikan kebutuhan setiap orang, tidak hanya bagi yang masih muda saja, tetapi bagi yang lanjut usia (lansia) masih memerlukan olahraga. Pada umunya, olahraga dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani, selain itu juga digunakan sebagai pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi. Secara tidak disadari melakukan olahraga dapat mempengaruhi jantung, paru-paru, pembuluh darah, otot, tulang, dan psikologis. Kondisi tersebut memberikan peluang bisnis yang sangat menarik dan menjanjikan untuk peningkatan ekonomi.
BAB 2
PEMBAHASAN

Salah satu faktor pendorong yang menyebabkan saat ini berkembang pesat pertumbuhan dan perkembangan usaha bisnis di sektor jasa yaitu karena sekarang ini kita banyak menjumpai permasalahan-permasalahan di dalam masyarakat seperti permasalah ekonomi, kesenjangan sosial, gaya hidup yang mengarah ke kesehatan, trend bisnis, kemajuan teknologi dan globalisasi serta masih banyak lagi, yang dimana perusahaan jasa tersebut berhasil melihat adanya peluang lalu mentranformasikannya menjadi sebuah usaha bisnis yang bisa memberikan manfaat sehingga dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Misalnya, yaitu dengan memanfaatkan kegiatan waktu luang yang ada. Dalam hal ini, pemanfaatan waktu luang atau waktu bersantai tersebut akan memunculkan peluang bagi pembisnis baru khususnya di sekotr layanan jasa untuk memanfaatkan momen kosong ini, contohnya yaitu pada bisnis perjalanan wisata, pusat hiburan dan rekreasi, kursus dan pelatihan singkat, jasa TV kabel, dan masih banyak lagi. Selain itu juga karena adanya peningkatan kompleksitas kehidupan sehingga banyak orang yang membutuhkan jasa pengacara, dokter pribadi, psikolog, pelatih kebugaran, ahli gizi, konsultan, dam sebagainya.
Coba kita cermati beberapa poin-poin yang terdapat dalam jurnal tersebut, yang dimana hal ini lah menjadi dasar pertimbangan perusahaan jasa untuk mengembangkan usahanya terhadap peluang-peluang yang ada untuk mengatasi permasalahan di dalam masyarakat.

2.1.Masalah Kesehatan.
Sekarang ini, sebagian besar individu mencoba untuk hidup sehat dan beraktifitas secara aktif sehingga dapat berinteraksi dengan masyarakat sosial. Namun, beberapa orang masih dihadapkan dengan berita buruk tentang kesehatannya. Berita-berita kesehatan tersebut seperti tekanan darah tinggi, kolestrol, atau diabetes, dan sebagainya. Salah satu solusinya yaitu dengan mengikuti kegiatan kebugaran untuk meningkatkan fisik dan kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, mereka membutuhkan orang yang bisa membimbing dan memberikan pengetahuan tentang kebugaran, seperti instruktur kebugaran. Instruktur tersebut sudah terlatih dan terpercaya untuk membimbing mereka sehingga mereka merasa aman dan bisa memantau hasil selama berlatih bagi orang yang mengikuti program kebugarannya. Intruktur atau personal trainer bekerja untuk menilai tingkat kebugaran, mengatur program, dan membuat membernya tetap temotivasi dan terus berlatih.
Beberapa orang saat ini telah mengidap banyak penyakit. Mereka memilih untuk tidak pergi ke rumah sakit, tetapi justru lebih memilih mengikuti program kebugaran. Karena biasanya di rumah sakit hanya mendapatkan beberapa pengobatan kemudian selesai. Lasannya karena, semakin banyak masyarakat kecewa karena rendahnya pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Maka dari itu, sekarang banyak dibuka tempat kebugaran. Namun, tempat kebugaran tersebut masih harus beradaptasi sehingga dapat memberikan program latihan kesehatan bagi orang-orang yang membutuhkan tersebut, dengan menjadi pedoman yang tepat bagi mereka dan dengan mengikuti arahan dari dokter terapi dan orang professional dalam kesehatan lainnya.

2.2.Psikologi Cacat Fisik.
Masalah “Cacat Fisik” bukanlah hal baru  lagi, yang dimana harapan hidup bagi penyandang cacat saat ini memang mulai ditingkatkan dan menjadi lebih didekatkan lagi dengan masyarakat umum. Namun, kualitas masalah kehidupan dalam hal kesehatan dan kesejahteraan masih tetap faktor terpenting sehingga dapat memberikan kontribusi yang dimana orang-orang ini membutuhkan program yang dirancang dengan baik didasarkan pada pemahaman yang menyeluruh tentang kondisi tersebut, latar belakang pendidikan yang kuat dalam kebugaran, dan pelatihan khusus serta pengalaman dengan individu yang mengalami cacat fisik. Hal inilah yang dijadikan peluang oleh perusahaan jasa, karena dari yang diketahui saat ini kebanyakan pasien penyandang cacat fisik dikeluarkan dari program rehabilitasi berbasis rumah sakit, sehingga mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari tempat lain untuk melanjutkan rehabilitasi atau program latihannya. Maka dari itu, disinilah peran perusahaan pelayanan jasa dalam mengambil alih dan membantu masyarakat menyediakan program kesehatan swata, seperti psikolog-psikolog yang mampu mengatasi keterbatasan mereka, dan membuka situs rehabilitasi medis, misalnya saja seperti rumah sakit swasta, terapi fisik, pusat rehabilitasi, klinik, pusat kebugaran atau fasilitas perawatan jangka panjang.

2.3.Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai Insipasi, Pendidikan atau Pencerahan.
Pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu trend mikro yang dihasilkan dari bidang pendidikan, pengalaman, dan pencerahan (ketertarikan berdasarkan pendidikan dan pengalaman). Kebutuhan untuk pendidikan dan pencerahan  didukung oleh banyaknya orang yang mempunyai masalah dengan pengaturan berat badan, keseimbangan gaya hidup dengan sedikit waktu luang, dan kurangnya pengetahuan tentang alternatif untuk hidup sehat.  Kemunculan professional yang dimana berkarier terkait dengan pendidikan pengembangan sumber daya manusia, berupa pemberi kemudahan akses konsultan, promosi kesehatan para pendidik, dan pelatih pola hidup sehat.
Pada hasil survei studi terakhir, kurangnya kesadaran pusat kebugaran, tidak menngetahui cara latihan yang benar, dan tidak mengetahui dimana tempat untuk latihan yang tepat merupakan hambatan paling umum terkait dengan kegiatan latihan. Isu-isu tersebut harus ditangani oleh profesional. Adanya pendidikan dan pengalaman juga memberikan manfaat umum bagi orang-orang yang hobi bepergian ke tempat bersejarah, mengembangkan kemampuan dalam seni dan musik, menekuni hobi untuk mengkoleksi sesuatu, atau memulai petualangan maupun berwisata. Individu-individu yang mempunyai aktivitas pada waktu senggangnya, mengikuti kegiatan fitness atau kebugaran ataupun melakukan kegiatan pariwisata sehingga dapat meningkatkan rasa apresiasi serta partisipasinya.

2.4.Pergeseran/perubahan Alam dan Individu.
Saat ini, pergeseran dalam bidang olahraga mengalami perubahan yang signifikan. Dari informasi yang didapatkan, yaitu partisipasi dalam tim olahraga menurun hingga 13% per tahunnya sejak tahun 1995-2005 untuk olahraga seperti baseball, voli, dan hoki. Sedangkan, untuk olahraga golf dan basket masih tetap stabil. Sehingga selama 20 tahun ini peningkatan dalam bidang olahraga tidak pernah terdengar sama sekali. Kabar terbaru menyatakan bahwa yang menjadi trend mikro saat ini yaitu olahraga yang dapat dikategorikan bersifat alami, seperti skateboarding, kayaking, snowboarding, bersepedah gunung, dan pelancong backpaker, yang dimana olahraga-olahraga tersebut merupakan olahraga yang cendrung dilakukan secara pribadi atau tidak dengan berkelompok. Para pelaku dari aktivitas fisik tersebut secara tidak langsung sangat berefek pada kesehatan tubuhnya. Khususnya, pada individu-individu yang sudah berusia senja (tua) yang hingga saat ini masih terlihat aktif dan bugar di kesehariannya. Keadaan pasar untuk saat ini, diperkirakan dirancang untuk kegiatan kelompok, seperti memancing, mendaki, ataupun olahraga kano.
Seperti yang telah diketahui bahwa sebagian besar dari usia remaja hingga usia dewasa (pelajar dan profesional) menghabiskan waktu luangnya untuk kegiatan olahraga, kebugaran dan berwisata sekaligus mencari informasi pemasaran produk yang akan mendidik sehingga mereka dapat menyesuaikan program dan layanan sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini, pelanggan menginginkan program dan produk yang dapat disesuaikan dengan pendapatan, iklim, dan kondisi kesehatan individu tersebut.

2.5.Peralihan Kesejahteraan dengan menggunakan Pendidikan dan Pencerahan.
Pemberian pengobatan gratis dan alternatif oleh complimentary and alternative medicine (CAM) selama 40 tahun terakhir ini mengalami peningkatan. Menurut hasil survey di Amerika yaitu 1 dari 3 penduduknya lebih memilih menggunakan pengobatan alternatif, sehingga sangat menguntungkan bagi CAM yang memperoleh keuntungan $2 miliar pada tahun 1970 dan pada tahun 2006 lalu memperoleh keuntungan hingga $15 miliar. Hal ini menjadi suatu trend dalam dunia kedokteran dan bagi orang-orang yang menginginkan hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang lebih baik, yang dimana diharapkan dapat menyediakan informasi pendidikan dan dapat  dijadikan motivasi. Seperti yang telah diketahui bahwa yang terkait dengan dunia pendidikan cendrung diperoleh melalui akses informasi dunia, dan pemanfaatan internet. Melalui pengobatan alternatif ini, diperoleh data yang dimana 70% penggunanya yaitu ibu rumah tangga.
Baik itu anak muda maupun orang dewasa menginginkan informasi pemasaran jasa ataupun produk yang berorientasi pendidikan pada situ-situs tertentu, baik itu untuk rekreasi, kebugaran dan pariwisata. Misalnya, pada hotel yang menawarkan tempat makan yang memenuhi standar kesehatan, selain itu obat-obatan juga toko yang menyediakan obat-obatan tradisional. Sedangkan untuk pelayanan jasa rekreasi di luar ruangan seperti produk meditasi dan informasi pemasaran yang akan menarik perhatian orang-orang untuk datang ke taman, sehingga lebih mneyatu dengan alam. Selain itu, latihan pribadi juga dapat merelaksasikan tubuh, seperti yoga, tai-0chi, atau ai-chi.

2.6.Peralihan ke Percepatan Gaya Hidup Manusia
Adanya ketersediaan teknologi yang semakin canggih dan aksesibilitas yang semakin cepat merupakan hasil dari adanya kemunculan fitur-fitur teknologi modern yang semakin membantu memudahkan kegiatan manusia antara lain seperti penggunaan gelombang mikro, kartu kredit, e-mail, pencarian internet, belanja internet, ponsel, musik digital, yang dimana teknologi tersebut bisa memudahkan orang untuk menyiapkan makanan, membeli layanan, belajar, jaringan atau berhubungan dengan orang lain dan hiburan dalam waktu yang jauh lebih singkat. Saat ini banyak orang bisa mengembangkan keterampilan baru, mempelajari informasi baru karena adanya kemudahan dan kesepatan akses informasi saat ini. Dan hal tersebut mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang dimana hal tersbeut merupakan peluang pasar yang bagus yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan bisni untuk layanan jasaseperti memasarkankegiatan wisata dan rekreasi, kebugaran, dan jasa-jasa sebagainya.


BAB 3
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Dari beberapa permasahalan yang sudah dijelaskan diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu, berbagai macam hal yang dapat dijadikan peluang bisnis oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang dimana sangat berpotensial untuk pengembangan ide-ide usaha tersebut. Dalam hal ini, perusahaan dituntut harus lebih kreatif dan inovatif serta pintar melihat peluang dari kondisi dinamis yang terjadi pada masyarakat. Perusahaan-perusahaan khususnya di sekotr jasa sangat berpotensi untuk membuka berbagai macam layanan jasa melihat adanya peluang dalam bisnis yang berorientasi kepada pelayanan jasa yang memanfaatkan waktu luang atau waktu bersantai bagi pasar sasarannya. Misalnya saja, dengan melakukan aktivitas kebugaran demi kesehatan, kegiatan wisata dan rekreasi, kegiatan ajar-mengajar dalam bidang pendidikan dan masih banyak lagi karena melihat adanya perubahan gaya hidup dan kemudahan akses informasi yang terjadi di masyarakat modern. Hal yang perlu diingat adalah walaupun kondisi tersebut memberikan peluang bisnis yang sangat menarik dan menjanjikan untuk peningkatan ekonomi,  tentu saja hal ini berbeda berbeda dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur/ produksi barang karena akan menemukan banyak kendala yang disebabkan barang-barang dagangan sering mengalami perubahan harga yang tidak rasional. Dari fenomena tersebut, dapat diketahui bahwa usaha yang paling menjanjikan dan tidak terlalu banyak mengandung risiko adalah usaha jasa. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Usaha jasa secara ekonomi memang tidak memerlukan modal yang banyak jika dibandingkan dengan usaha manufaktur, tetapi yang menjadi modal utama yang harus dimiliki adalah keterampilan atau keahlian khusus. Cara perusahaan jasa menghadapi pesaingnya yaitu dengan cara meningkatkan kualitas dan keterampilan dari pelayan jasa yang diberikan. Maka dari itu, dalam mengembangkan usaha bisnis di bidang pelayanan jasa ini harus memerlukan strategi pemasaran jasa yang bukan hanya maksimal, tetapi juga tepat sasaran. Sehingga, perusahaan jasa tersebut dapat sukses dan tentu saja dapat memuaskan para pelanggannya.

Comments