Analisis Segmentasi Pada Perusahaan Jasa di Nusa Tenggara Barat ( 1 - 10 - 2015)
oleh :
NI WAYAN SRI WULANDARI ( A1B013111 )
Yang
dimana RSIA Permata Hati ini bergerak dalam bidang perusahaan jasa pelayanan
kesehatan masyarakat khususnya Ibu dan Anak yang berada di Mataram, NTB.
RSIA ( Rumah Sakit Ibu
dan Anak) Permata Hati ) adalah Rumah Sakit swasta sosio-ekonomi baru saja launching di Kota
Mataram yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan
penyakit kandungan dan kesehatan anak,
serta ditunjang dengan unit-unit pelayanan spesialistik lainnya.
Segmentasi
pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran perusahaan jasa. Yang
dimana dalam segmentasi pasar ini kita dapat membagi pasar ke dalam
kelompok-kelompok yang homogen. Berikut beberapa segmentasi – segmentasi pada RSIA
Permata Hati antara lain :
1.
Segmentasi
Pasar Berdasarkan Karakteristik Geografis
1.Segmen
pasar pengguna jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata
Hati adalah dilihat dari lokasi tempat tinggal merupakan masyarakat yang
bertempat tinggal di Kota Mataram, dan sekitarnya
2.
Segmentasi
Pasar Berdasarkan Karakteristik Demografi
a. Usia
: Segmentasi berdasarkan usia dalam hal ini porsi terbesar pada rentang usia
20an sampai 40 tahun yaitu ibu-ibu wanita muda yang sedang hamil atau yang
memiliki anak di usia balita.
b. Jenis Kelamin :
Segmentasi berdasarkan jenis kelamin yaitu perempuan atau ibu-ibu muda yang sedang dalam
masa kehamilan atau
memiliki anak di
usia balita.
c.
Pendapatan
Masyarakat yang memiliki
tingkat pendapatan yang tergolong menengah – atas`
d. Pekerjaan
: Masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai PNS, Swasta maupun sebagai
Ibu Rumah Tangga
3.
Segmentasi
Pasar Berdasarkan Karakteristik Psikologi
Masyarakat yang
berfikir/persepsinya modern lebih mementingkan citra pelayanan rumah sakit yang
baik, cepat dan profesional, karena didukung dengan tempat yang nyaman,
fasilitas lengkap dan ditangani oleh para ahli dokter, bidan dan perawat
profesional. Mereka berasumsi bahwa tarif harga yang tinggi sesuai pelayanan
yang diterima pula.
4.
Segmentasi
Pasar Berdasarkan Perilaku
Masyarakat yang memilih pelayanan baik,
pembayaran dan pengobatan rumah sakit yang mudah, cepat, dan tidak ribet.
Segmentasi
memberikan peluang bagi perusahaan untuk menyesuaikan jasa dengan permintaan
secara efektif. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi tentang hal-hal apa saja
yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi diatas
tersebut sebagai berikut :
Melihat
masih minimnya pelayanan yang nyaman dan profesional terhadap persalinan ibu
hamil di Mataram, dan melihat kenaikan angka kelahiran dan tingkat kesuburan
tinggi setiap tahunnya di Kota Mataram maka dari itu kini hadir RSIA Permata Hati, yang dimana RSIA Permata Hati ini adalah Rumah Sakit
swasta sosio-ekonomi yang kini
sudah hadir di Kota Mataram yang
mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit
kandungan dan kesehatan anak,
serta ditunjang dengan unit-unit pelayanan spesialistik lainnya.
Apa
yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi tersebut
adalah selanjutnya menentukan target pasarnya yang dimana lebih berorientasi
pada segmen ibu-ibu muda yang sedang
dalam masa kehamilan
atau memiliki anak
di usia balita. Target pasar itu dibutuhkan dalam
upaya promosi yang dilakukan dan difokuskan pada segmen tersebut karena segmen
pasar tersebut merupakan pasar potensial untuk menjadi konsumen yang
menguntungkan.
RSIA
Permata Hati ini berlokasi di Jalan Majapahit 8, Kota Mataram. Tentu saja hal
ini menyebabkan lokasi ini sangat strategis dan menimbulkan kemudahan akses
berkunjungnya karena letak rumah sakitnya dekat dengan pemukiman masyarakat.
Apalagi ditambah tersedianya UGD (Unit Gawat Darurat) dan mobil ambulance yang
beroperasi di sekitar Kota Mataram sehingga bisa cepat menangani ibu-ibu yang
sudah darurat waktunya melahirkan dimana saja dan kapan saja siaga 24 jam. RSIA
Permata Hati ini buka setiap hari selama 24 jam.
Melihat
hasil segmentasi Psikologi dan Perilaku diatas maka hal yang dapat dilakukan
oleh RSIA Permata Hati untuk memberikan image yang bagus kepada masyarakat
yaitu dengan cara memberikan peningkatan pelayanan seperti memiliki tenaga
dokter ahli dan professional, pelayanannya baik, ramah, sigap dan cepat, tenaga
kesehatan yang ramah dan professional, tarif yang terjangkau, memiliki sarana
dan prasarana yang baik dan lengkap, alat dan mesin yang canggih dan modern,
adanya keringanan dalam pembayaran, melayani jaminan kesehatan, kebersihan dan
kerapihan ruangan terjaga, dekorasi ruangan nyaman dilengkapi AC, dan tentu
saja hal itu juga didukung oleh fasilitas lengkap lainnya.
Beberapa
Fasilitas yang ditawarkan oleh RSIA Permata Hati meliputi NICU , rawat jalan, rawat
inap Ibu dan Anak, Ruang bersalin pribadi, klinik tumbuh kembang, Apotek 24 jam
dan penunjang medis dengan didukung
oleh dokter-dokter spesialis
antara lain :
dokter spesialis kebidanan dan
kandungan, kesehatan anak dan penyakit dalam`
Comments
Post a Comment