Skip to main content

Featured

Singgahi Lombok, Begini sambutan Krida Toyota atas kedatangan Tim Beyond Indonesia - East Timor with Toyota

Kedatangan Tim Beyond Journey di Krida Toyota NTB pada tanggal 17 April 2018 Berbicara tentang mobil, aku yakin sebagian dari kalian pasti berpikiran tentang satu nama merek mobil yang terkenal yang katanya awet dan irit yaitu "TOYOTA", dan tepat sekali beberapa hari yang lalu Selasa, 17 April 2018 di Krida Toyota (Dealer Resmi Toyota di Lombok) pun dengan gembira menyambut kedatangan para team Beyond Beautiful Indonesia yang telah melakukan perjalanan panjang kurang lebih 20 hari dari Indonesia Barat hingga Timor Timor.  Wah aku gak abis pikir nih melakukan perjalanan jauh  selama 20 hari untuk suatu misi dan melewati darat laut gunung pantai dan sebagainya dengan hanya menggunakan mobil via darat. Salut buat om-om journey. Rentetan Mobil-Mobil yang digunakan oleh Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia Oh ya, sebelumnya pasti kalian pada masih belum tau siapa sih Tim Beyond Journey ini.  Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia merupakan gabungan tiga komuni

Analisis Segmentasi pada RSIA Permata Hati


Tugas Pemasaran Jasa


Analisis Segmentasi Pada Perusahaan Jasa di Nusa Tenggara Barat ( 1 - 10 - 2015)

oleh :

NI WAYAN SRI WULANDARI ( A1B013111 )


Yang dimana RSIA Permata Hati ini bergerak dalam bidang perusahaan jasa pelayanan kesehatan masyarakat khususnya Ibu dan Anak yang berada di Mataram, NTB.

RSIA ( Rumah Sakit Ibu dan Anak) Permata Hati ) adalah Rumah Sakit swasta   sosio-ekonomi baru saja launching di Kota Mataram yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit kandungan dan  kesehatan  anak,  serta ditunjang  dengan  unit-unit pelayanan spesialistik  lainnya.
Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran perusahaan jasa. Yang dimana dalam segmentasi pasar ini kita dapat membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen. Berikut beberapa segmentasi – segmentasi pada RSIA Permata Hati antara lain  :
1.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Geografis
1.Segmen pasar pengguna jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati adalah dilihat dari lokasi tempat tinggal merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Mataram, dan sekitarnya

2.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Demografi
a.       Usia : Segmentasi berdasarkan usia dalam hal ini porsi terbesar pada rentang usia 20an sampai 40 tahun yaitu ibu-ibu wanita muda yang sedang hamil atau yang memiliki anak di usia balita.
b.      Jenis Kelamin : Segmentasi berdasarkan jenis kelamin yaitu perempuan atau ibu-ibu muda yang sedang   dalam   masa   kehamilan   atau   memiliki   anak   di   usia   balita.
c.       Pendapatan
Masyarakat yang memiliki tingkat pendapatan yang tergolong menengah – atas`
d.      Pekerjaan : Masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai PNS, Swasta maupun sebagai Ibu Rumah Tangga

3.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Psikologi
Masyarakat yang berfikir/persepsinya modern lebih mementingkan citra pelayanan rumah sakit yang baik, cepat dan profesional, karena didukung dengan tempat yang nyaman, fasilitas lengkap dan ditangani oleh para ahli dokter, bidan dan perawat profesional. Mereka berasumsi bahwa tarif harga yang tinggi sesuai pelayanan yang diterima pula.

4.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Perilaku
Masyarakat yang memilih pelayanan baik, pembayaran dan pengobatan rumah sakit yang mudah, cepat, dan tidak ribet.

Segmentasi memberikan peluang bagi perusahaan untuk menyesuaikan jasa dengan permintaan secara efektif. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi tentang hal-hal apa saja yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi diatas tersebut sebagai berikut :

Melihat masih minimnya pelayanan yang nyaman dan profesional terhadap persalinan ibu hamil di Mataram, dan melihat kenaikan angka kelahiran dan tingkat kesuburan tinggi setiap tahunnya di Kota Mataram maka dari itu kini hadir RSIA Permata Hati, yang dimana RSIA Permata Hati  ini adalah Rumah   Sakit   swasta   sosio-ekonomi yang kini sudah hadir di Kota Mataram  yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit kandungan dan  kesehatan  anak,  serta ditunjang  dengan  unit-unit pelayanan spesialistik  lainnya.

Apa yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi tersebut adalah selanjutnya menentukan target pasarnya yang dimana lebih berorientasi pada segmen ibu-ibu muda yang sedang  dalam   masa   kehamilan   atau   memiliki   anak   di   usia   balita. Target pasar itu dibutuhkan dalam upaya promosi yang dilakukan dan difokuskan pada segmen tersebut karena segmen pasar tersebut merupakan pasar potensial untuk menjadi konsumen yang menguntungkan.

RSIA Permata Hati ini berlokasi di Jalan Majapahit 8, Kota Mataram. Tentu saja hal ini menyebabkan lokasi ini sangat strategis dan menimbulkan kemudahan akses berkunjungnya karena letak rumah sakitnya dekat dengan pemukiman masyarakat. Apalagi ditambah tersedianya UGD (Unit Gawat Darurat) dan mobil ambulance yang beroperasi di sekitar Kota Mataram sehingga bisa cepat menangani ibu-ibu yang sudah darurat waktunya melahirkan dimana saja dan kapan saja siaga 24 jam. RSIA Permata Hati ini buka setiap hari selama 24 jam.

Melihat hasil segmentasi Psikologi dan Perilaku diatas maka hal yang dapat dilakukan oleh RSIA Permata Hati untuk memberikan image yang bagus kepada masyarakat yaitu dengan cara memberikan peningkatan pelayanan seperti memiliki tenaga dokter ahli dan professional, pelayanannya baik, ramah, sigap dan cepat, tenaga kesehatan yang ramah dan professional, tarif yang terjangkau, memiliki sarana dan prasarana yang baik dan lengkap, alat dan mesin yang canggih dan modern, adanya keringanan dalam pembayaran, melayani jaminan kesehatan, kebersihan dan kerapihan ruangan terjaga, dekorasi ruangan nyaman dilengkapi AC, dan tentu saja hal itu juga didukung oleh fasilitas lengkap lainnya.

Beberapa Fasilitas yang ditawarkan oleh RSIA Permata Hati meliputi NICU , rawat jalan, rawat inap Ibu dan Anak, Ruang bersalin pribadi, klinik tumbuh kembang, Apotek 24 jam dan penunjang medis   dengan   didukung   oleh   dokter-dokter   spesialis   antara   lain   :   dokter   spesialis kebidanan dan kandungan, kesehatan anak dan penyakit dalam`



Comments