Skip to main content

Featured

Yuk, Dukung Germas Hidup Sehat ! Sehat itu Murah, Sakit itu Mahal

Waduh, menurutku tidak ada kata terlambat untuk hidup lebih sehat dan teratur. Kalau kemarin-kemarin kita menjalani hidup tidak sehat, maka sekarang saatnya kita mulai mengubah gaya dan pola hidup lebih sehat.
Ya,   "Gaya dan Pola Hidup Sehat"
Kalimat ini sangat sederhana untuk didengar, tapi kebiasaan inilah yang sering masyarakat Indonesia termasuk aku sendiri masih sulit untuk dilakukan. Buktinya ya masih saja kita sering mengkonsumsi junk food atau gorengan dan sebagainya. Hehehe...
Memang, kenapa sih kita harus ubah pola gaya hidup kita lebih sehat ??

Hmm... kalau kita sehat ya kita bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Aku yakin pasti kalian gak suka kan kalo setiap hari mesti minum obat pahit plus dikasi suntikan ke kulit gitu kalo lagi sakit. Iiiiiyy serem banget kedengerannya....










Sering dengar kalimat " Mencegah lebih baik daripada Mengobati " gak?

Tentu saja kalo sakit pasti harus di obati. Jaman sekarang biaya obat dan biaya rumah sakit lumayan mah…

Analisis Segmentasi pada RSIA Permata Hati


Tugas Pemasaran Jasa


Analisis Segmentasi Pada Perusahaan Jasa di Nusa Tenggara Barat ( 1 - 10 - 2015)

oleh :

NI WAYAN SRI WULANDARI ( A1B013111 )


Yang dimana RSIA Permata Hati ini bergerak dalam bidang perusahaan jasa pelayanan kesehatan masyarakat khususnya Ibu dan Anak yang berada di Mataram, NTB.

RSIA ( Rumah Sakit Ibu dan Anak) Permata Hati ) adalah Rumah Sakit swasta   sosio-ekonomi baru saja launching di Kota Mataram yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit kandungan dan  kesehatan  anak,  serta ditunjang  dengan  unit-unit pelayanan spesialistik  lainnya.
Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran perusahaan jasa. Yang dimana dalam segmentasi pasar ini kita dapat membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen. Berikut beberapa segmentasi – segmentasi pada RSIA Permata Hati antara lain  :
1.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Geografis
1.Segmen pasar pengguna jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati adalah dilihat dari lokasi tempat tinggal merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Mataram, dan sekitarnya

2.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Demografi
a.       Usia : Segmentasi berdasarkan usia dalam hal ini porsi terbesar pada rentang usia 20an sampai 40 tahun yaitu ibu-ibu wanita muda yang sedang hamil atau yang memiliki anak di usia balita.
b.      Jenis Kelamin : Segmentasi berdasarkan jenis kelamin yaitu perempuan atau ibu-ibu muda yang sedang   dalam   masa   kehamilan   atau   memiliki   anak   di   usia   balita.
c.       Pendapatan
Masyarakat yang memiliki tingkat pendapatan yang tergolong menengah – atas`
d.      Pekerjaan : Masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai PNS, Swasta maupun sebagai Ibu Rumah Tangga

3.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Psikologi
Masyarakat yang berfikir/persepsinya modern lebih mementingkan citra pelayanan rumah sakit yang baik, cepat dan profesional, karena didukung dengan tempat yang nyaman, fasilitas lengkap dan ditangani oleh para ahli dokter, bidan dan perawat profesional. Mereka berasumsi bahwa tarif harga yang tinggi sesuai pelayanan yang diterima pula.

4.        Segmentasi Pasar Berdasarkan Perilaku
Masyarakat yang memilih pelayanan baik, pembayaran dan pengobatan rumah sakit yang mudah, cepat, dan tidak ribet.

Segmentasi memberikan peluang bagi perusahaan untuk menyesuaikan jasa dengan permintaan secara efektif. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi tentang hal-hal apa saja yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi diatas tersebut sebagai berikut :

Melihat masih minimnya pelayanan yang nyaman dan profesional terhadap persalinan ibu hamil di Mataram, dan melihat kenaikan angka kelahiran dan tingkat kesuburan tinggi setiap tahunnya di Kota Mataram maka dari itu kini hadir RSIA Permata Hati, yang dimana RSIA Permata Hati  ini adalah Rumah   Sakit   swasta   sosio-ekonomi yang kini sudah hadir di Kota Mataram  yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit kandungan dan  kesehatan  anak,  serta ditunjang  dengan  unit-unit pelayanan spesialistik  lainnya.

Apa yang dilakukan oleh RSIA Permata Hati setelah melihat hasil segmentasi tersebut adalah selanjutnya menentukan target pasarnya yang dimana lebih berorientasi pada segmen ibu-ibu muda yang sedang  dalam   masa   kehamilan   atau   memiliki   anak   di   usia   balita. Target pasar itu dibutuhkan dalam upaya promosi yang dilakukan dan difokuskan pada segmen tersebut karena segmen pasar tersebut merupakan pasar potensial untuk menjadi konsumen yang menguntungkan.

RSIA Permata Hati ini berlokasi di Jalan Majapahit 8, Kota Mataram. Tentu saja hal ini menyebabkan lokasi ini sangat strategis dan menimbulkan kemudahan akses berkunjungnya karena letak rumah sakitnya dekat dengan pemukiman masyarakat. Apalagi ditambah tersedianya UGD (Unit Gawat Darurat) dan mobil ambulance yang beroperasi di sekitar Kota Mataram sehingga bisa cepat menangani ibu-ibu yang sudah darurat waktunya melahirkan dimana saja dan kapan saja siaga 24 jam. RSIA Permata Hati ini buka setiap hari selama 24 jam.

Melihat hasil segmentasi Psikologi dan Perilaku diatas maka hal yang dapat dilakukan oleh RSIA Permata Hati untuk memberikan image yang bagus kepada masyarakat yaitu dengan cara memberikan peningkatan pelayanan seperti memiliki tenaga dokter ahli dan professional, pelayanannya baik, ramah, sigap dan cepat, tenaga kesehatan yang ramah dan professional, tarif yang terjangkau, memiliki sarana dan prasarana yang baik dan lengkap, alat dan mesin yang canggih dan modern, adanya keringanan dalam pembayaran, melayani jaminan kesehatan, kebersihan dan kerapihan ruangan terjaga, dekorasi ruangan nyaman dilengkapi AC, dan tentu saja hal itu juga didukung oleh fasilitas lengkap lainnya.

Beberapa Fasilitas yang ditawarkan oleh RSIA Permata Hati meliputi NICU , rawat jalan, rawat inap Ibu dan Anak, Ruang bersalin pribadi, klinik tumbuh kembang, Apotek 24 jam dan penunjang medis   dengan   didukung   oleh   dokter-dokter   spesialis   antara   lain   :   dokter   spesialis kebidanan dan kandungan, kesehatan anak dan penyakit dalam`



Comments