Skip to main content

Featured

Singgahi Lombok, Begini sambutan Krida Toyota atas kedatangan Tim Beyond Indonesia - East Timor with Toyota

Kedatangan Tim Beyond Journey di Krida Toyota NTB pada tanggal 17 April 2018 Berbicara tentang mobil, aku yakin sebagian dari kalian pasti berpikiran tentang satu nama merek mobil yang terkenal yang katanya awet dan irit yaitu "TOYOTA", dan tepat sekali beberapa hari yang lalu Selasa, 17 April 2018 di Krida Toyota (Dealer Resmi Toyota di Lombok) pun dengan gembira menyambut kedatangan para team Beyond Beautiful Indonesia yang telah melakukan perjalanan panjang kurang lebih 20 hari dari Indonesia Barat hingga Timor Timor.  Wah aku gak abis pikir nih melakukan perjalanan jauh  selama 20 hari untuk suatu misi dan melewati darat laut gunung pantai dan sebagainya dengan hanya menggunakan mobil via darat. Salut buat om-om journey. Rentetan Mobil-Mobil yang digunakan oleh Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia Oh ya, sebelumnya pasti kalian pada masih belum tau siapa sih Tim Beyond Journey ini.  Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia merupakan gabungan tiga komuni

Kegagalan Perusahaan Bisa Menjadi Sebuah Peluang [Strategi Bersaing]

MATERI STRATEGI PEMASARAN



DOSEN : Pak Maruci
Waktu    : 90 menit
Resumer : Ni Wayan Sri Wulandari [A1B01311]

DIKATAKAN MENJADI SEBUAH PERSAINGAN KETIKA ....

Misalnya sebagai contoh :
Kasus untuk Produk Tahu A dan Tahu B, dikatakan bersaing apabila tahu tersebut dijual dalam tempat penjualan yang sama dalam artinya ditoko yang sama. Dikatakan bersaing apabila suatu Produk A dengan B, walaupun sama-sama Tahu, beda merk antara Tahu produk A dengan Tahu produk B, tetapi distribusi yang dilakukannya sama di dalam 1 toko tersebut. Dikatakan tidak bersaing apabila 2 produk Tahu yang dipasarkan tersebut dijual pada tempat yang berbeda. Intinya deh biar lebih mudah, Dikatakan sebuah persaingan kerita segala sesuatu yang dijual sejenis di tempat yang sama.


KEGAGALAN PERUSAHAAN YANG BISA MENJADI SEBUAH PELUANG

Kegagalan itu bisa menjadi sebuah peluang. Berikut beberapa contoh sebuah kegagalan perusahaan yang salah menargetkan target pasarnya lalu mengubah target pasarnya sehingga terciptalah suatu peluang usaha yang menguntungkan.

1. Produk susu anak bayi yang gagal dalam menargetkan pasarnya karena anak bayi lebih memilih ASI sebagai asupan, lalu perusahaan tersebut mengubah target pasarnya menjadi segmen manula atau orang tua melihat perilaku orang manula hampir sama dengan anak bayi yang suka dimanja dan setelah itu akhirnya berhasil. Hal ini tentu saja thinking out of box, so peluang itu adalah suatu perpekstif/cara pandang kita berpikir berbeda dalam suatu kondisi yang sama yaitu bisa melihat ini sebuah peluang atau ancaman.

2. Ferari, adalah sebuah perusahaan mobil sport bewarna merah sehingga dinyatakan sebagai mobil yang cocok dan warnanya identik dengan anak muda. Ternyata hal ini gagal dilakukan oleh perusahaan melihat penjualan mobil ferari menurun saat menargetkan pasarnya pada anak muda. Ternyata mobil sport ini laku terjual dan sangat disukai oleh orang tua yang berjiwa muda dan tentunya sudah memiliki budget/penghasilan yang tinggi sehingga bisa membeli mobil sport Ferari yang hargaanya hingga ratusan juta.

3. Frezz, sebuah merek minuman softdrink milik perusahaan bir bintang. Pada awalnya Frezz ini dijual di Indonesia tetapi sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu menyukai softdrink ini karena tidak cocok dengan lidah orang Indonesia yang tidak minum dengan kadar alkohol yang keras. Sehingga pada saat itu Frezz ditarik peredarannya dikalangan luas, dan Perusahaan bir bintang itu hanya berkonsentrasi pada penjualan Bir Bintang, melihat penjualan Bir bintang meningkat drastis sebagai minuman keras yang dijual di club-club.


KEBERADAAN YLKI ITU ANCAMAN ATAU PELUANG BAGI PENGUSAHA ?

Apakah keberadaan YLKI diaggap sebuah ancaman atau suatu peluang bagi para pembisnis/pengusaha diIndonesia ?

Sebenernya tergantung dari bisnis yang dilakukan oleh pembisnis/pengusaha tersebut. Mengapa? Apabila kita bener sungguh-sungguh dan jujur dalam berjualan dan tidak bertindak merugikan konsumen seperti menjual barang palsu, tidak halal dan sebagainya itu maka bisa dikategorikan keberadaan YLKI bisa dianggap sebagai sebuah peluang karena nantinya YLKI ini sendiri bisa dijadikan sebagai pengawas kita (watch dog) dari segi penjual dan melindungi penjual dari pembeli yang tidak bertanggung jawab seperti pembeli yang melakukan penipuan/tidak transfer uang sehingga bisa merugikan bisnis kita. 

Dan sebaliknya bisa menjadi suatu ancaman bagi pembisnis/pengusaha yang melakukan usahanya dengan tindak kecurangan dan merugikan pihak konsumen. Sehingga memang tugas YLKI bisa melindungi para konsumen terhadap penjual yang tidak bertanggung jawab.

Comments