Skip to main content

Featured

Pake Aplikasi My Blue Bird, Diskon 10% Belanja Oleh-oleh Khas Lombok di Sasaku

Halo, buat kalian para penumpang setia dan pengguna transpotasi Lombok Taksi (Taksi Blue Bird) mulai saat ini ada kabar gembira. Mulai per tanggal 7 September 2017, Pusat Oleh-Oleh "Sasaku" yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi - NTB, memberikan "discount" atau potongan harga sebesar 10 persen dari total transaksi belanja bagi pengguna Lombok Taksi (Blue Bird Group).
Tentunya terkadang kita ingin membawa sesuatu yang khas dari daerah atau tempat wisata yang kita kunjungi. Baik itu barang koleksi ataupun kudapan lokal. Kalau Bali punya Joger, Krishna ataupun yang lainnya. Jogja punya Dagadu maupun brand-brand lain. 
Lombok juga tidak kalah menarik, karena memiliki pusat oleh-oleh terbesar bernama Sasaku, yang dimana membuka gerai baru di jalan Senggigi. Selain itu kebetulan baru di buka Sasaku Resto tepatnya berada di lantai 2, outlet Sasaku Senggigi.


Kerja sama Lombok Taksi dengan Sasaku, Toko Oleh-oleh Khas Lombok




Sebagai bentuk layanan pihak Blue Bird terhadap ta…

Kegagalan Perusahaan Bisa Menjadi Sebuah Peluang [Strategi Bersaing]

MATERI STRATEGI PEMASARAN



DOSEN : Pak Maruci
Waktu    : 90 menit
Resumer : Ni Wayan Sri Wulandari [A1B01311]

DIKATAKAN MENJADI SEBUAH PERSAINGAN KETIKA ....

Misalnya sebagai contoh :
Kasus untuk Produk Tahu A dan Tahu B, dikatakan bersaing apabila tahu tersebut dijual dalam tempat penjualan yang sama dalam artinya ditoko yang sama. Dikatakan bersaing apabila suatu Produk A dengan B, walaupun sama-sama Tahu, beda merk antara Tahu produk A dengan Tahu produk B, tetapi distribusi yang dilakukannya sama di dalam 1 toko tersebut. Dikatakan tidak bersaing apabila 2 produk Tahu yang dipasarkan tersebut dijual pada tempat yang berbeda. Intinya deh biar lebih mudah, Dikatakan sebuah persaingan kerita segala sesuatu yang dijual sejenis di tempat yang sama.


KEGAGALAN PERUSAHAAN YANG BISA MENJADI SEBUAH PELUANG

Kegagalan itu bisa menjadi sebuah peluang. Berikut beberapa contoh sebuah kegagalan perusahaan yang salah menargetkan target pasarnya lalu mengubah target pasarnya sehingga terciptalah suatu peluang usaha yang menguntungkan.

1. Produk susu anak bayi yang gagal dalam menargetkan pasarnya karena anak bayi lebih memilih ASI sebagai asupan, lalu perusahaan tersebut mengubah target pasarnya menjadi segmen manula atau orang tua melihat perilaku orang manula hampir sama dengan anak bayi yang suka dimanja dan setelah itu akhirnya berhasil. Hal ini tentu saja thinking out of box, so peluang itu adalah suatu perpekstif/cara pandang kita berpikir berbeda dalam suatu kondisi yang sama yaitu bisa melihat ini sebuah peluang atau ancaman.

2. Ferari, adalah sebuah perusahaan mobil sport bewarna merah sehingga dinyatakan sebagai mobil yang cocok dan warnanya identik dengan anak muda. Ternyata hal ini gagal dilakukan oleh perusahaan melihat penjualan mobil ferari menurun saat menargetkan pasarnya pada anak muda. Ternyata mobil sport ini laku terjual dan sangat disukai oleh orang tua yang berjiwa muda dan tentunya sudah memiliki budget/penghasilan yang tinggi sehingga bisa membeli mobil sport Ferari yang hargaanya hingga ratusan juta.

3. Frezz, sebuah merek minuman softdrink milik perusahaan bir bintang. Pada awalnya Frezz ini dijual di Indonesia tetapi sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu menyukai softdrink ini karena tidak cocok dengan lidah orang Indonesia yang tidak minum dengan kadar alkohol yang keras. Sehingga pada saat itu Frezz ditarik peredarannya dikalangan luas, dan Perusahaan bir bintang itu hanya berkonsentrasi pada penjualan Bir Bintang, melihat penjualan Bir bintang meningkat drastis sebagai minuman keras yang dijual di club-club.


KEBERADAAN YLKI ITU ANCAMAN ATAU PELUANG BAGI PENGUSAHA ?

Apakah keberadaan YLKI diaggap sebuah ancaman atau suatu peluang bagi para pembisnis/pengusaha diIndonesia ?

Sebenernya tergantung dari bisnis yang dilakukan oleh pembisnis/pengusaha tersebut. Mengapa? Apabila kita bener sungguh-sungguh dan jujur dalam berjualan dan tidak bertindak merugikan konsumen seperti menjual barang palsu, tidak halal dan sebagainya itu maka bisa dikategorikan keberadaan YLKI bisa dianggap sebagai sebuah peluang karena nantinya YLKI ini sendiri bisa dijadikan sebagai pengawas kita (watch dog) dari segi penjual dan melindungi penjual dari pembeli yang tidak bertanggung jawab seperti pembeli yang melakukan penipuan/tidak transfer uang sehingga bisa merugikan bisnis kita. 

Dan sebaliknya bisa menjadi suatu ancaman bagi pembisnis/pengusaha yang melakukan usahanya dengan tindak kecurangan dan merugikan pihak konsumen. Sehingga memang tugas YLKI bisa melindungi para konsumen terhadap penjual yang tidak bertanggung jawab.

Comments