Skip to main content

Featured

Asyiknya Liburan se-Keluarga di Kura-Kura Waterpark Disc.10% via App My Blue Bird

Hayoo.. biasanya apa yang kalian lakukan dikala hari Minggu bersama si kecil dan keluarga??? Kepantai ? Ah lama-lama udah bosen ke alam atau pantai-pantai mulu terus deh secara Lombok mah gak abis-abis pantainya. Hihihi.. 
Nah kalo gitu sini coba aku saranin deh untuk kunjungi salah satu objek wisata asyik buat keluarga di pusat Kota Mataram. Objek wisata ini keren banget, banyak sekali fasilitas yang berada di 1 tempat. Buat yang belum pernah kenal namanya "Kura-kura Waterpark dan Kids Fun House". Buat orang-orang yang sudah kenal namanya biasa menyebutnya dengan "Kura-Kura" saja.
Baca juga : Yuk Intip Asyiknya Liburan Gubernur NTB Zainul Majdi Sekeluarga ke Lombok Elephant Park
Kura-Kura Waterpark - Family Entertainment
“Kura-Kura”, sebuah wahana waterpark dan tempat bermain serta bersantai untuk keluarga. Buat kalian yang berlibur dengan keluarga berikut buah hati, tempat ini bisa dijadikan list kunjunganmu ketika ke Lombok karna termasuk ramah kantong untuk meni…

Analisa Kasus Sabun Cuci Piring Meluaskan Pasar (Marketing)


Kasus 3 : Upaya Sabun Cuci Piring Meluaskan Pasar



Ringkasan Singkat :
Sabun cuci piring adalah produk yang akrab dengan kita sehari hari yang biasa kita pakai untuk membersihkan piring dari lemak dan sisa makanan. Bentuk sabun cuci piring yaitu ada yang berwujud krim atau colek dan berbentuk cair.

Dikategori cair ada produk merek Sunlight sebagai market leader. Upaya yang dilakukan guna mempertahankan dan mengembangkan pasarnya adalah dengan  meluncurkan kemasan kecil dengan harga Rp.1000.- . Hal ini bertujuan untuk membuka peluang masuk dan menjangkau ke pasar yang lebih rendah ( low end market )

Upaya lainnya yaitu dengan membuat program Agen 1000 Sunlight guna merekomendasikan, merekrut atau mendapat pelanggan baru Sunlight.

Selain Sunlight, hadir competitor lain dengan merek Mama Lime yang mengembangkan produknya selain mencuci piring, bisa juga untuk mencuci buah dan sayuran.



Pertanyaan Tantangan 

1.      Apa dampak masuknya Sunlight dengan harga Rp1.000,- terhadap produk sabun cuci piring lain yang juga dipasarkan Unilever, misalnya sabun cuci piring krim atau colek?
Jawab :

Dari informasi yang didapatkan pada artikel diatas, saat ini tujuan Sunlight meluncurkan kemasan dengan harga Rp.1000,- ini adalah untuk memperluas segmen pasar dengan membuka peluang untuk masuk ke pasar yang lebih rendah (low end market). Sunlight yang biasanya untuk menengah keatas kini dapat dijangkau oleh pasar menengah kebawah, semata mata untuk membuka kesempatan memperoleh pelanggan baru yang sebelumnya memakai sabun cuci murah seperti sabun colek atau krim. Pada awalnya kami berpendapat bahwa dengan meluncurnya Sunlight baru kemasan harga seribu ini bahkan tidak terlalu terasa dampaknya bagi konsumen sabun colek. Mengapa?

Karena produk – produk tersebut diproduksi oleh satu perusahaan yang sama jadi tidak mungkin sebuah perusahaan membiarkan salah satu produknya jatuh dipasaran. Disini salah satu merek sabun coleknya yaitu B29 yang sama-sama diproduksi oleh perusahaan Unilever.  Setiap perusahaan tentu saja ingin semua jenis produk yang diproduksinya unggul dipasaran. Dengan kata lain, seperti yang kita bisa liat sekarang sabun colek dan sunlight sangat berbeda target dan berbeda kegunaannya, perusahaan tentu menambah nilai guna bagi sabun colek ini, sabun colek sekarang bukan hanya bisa digunakan untuk mencuci piring, tapi bisa untuk mencuci pakaian, perabotan rumah dan banyak lagi. Sehingga tentu akan beda pemakaian, jika untuk cuci piring mungkin konsumen bisa memilih Sun light, tapi untuk cuci baju dan perabotan rumah konsumen tidak mungkin pakai sunlight karena sunlight dikhususkan untuk sabun cuci piring, jadi alternatif pilihannya adalah sabun colek. 

Dengan perusahaan merubah kegunaan dan menambah manfaat dari sabun colek, tentu akan membuat sabun colek tidak bisa diganggu dengan munculnya sunlight harga seribu. Walaupun sama-sama menawarkan dengan harga murah, tetapi disini perusahaan menawarkan volume dan perbedaan kegunaannya. Disini perusahaan melakukan differensasi produknya dengan menambah nilai manfaatnya.

Tetapi kemudian kami melihat kondisi saat ini bahwa keberadaan sabun colek sedikit tergeser dengan adanya keberadaan sabun cair cuci piring. Hasil penjualan dari sabun colek menurun walaupun begitu hal tersebut tidak membuat produk sabun colek kehilangan pasarnya.  Hal ini disebabkan sabun colek ini sudah sangat melekat dihati masyarakat dan keberadaan sabun colek digunakan oleh konsumen jauh sebelum munculnya sabun cair cuci piring.

Kelebihan Sunlight
Banyak masyarakat umum yang beralih ke sabun cuci piring cair di sebabkan banyaknya kelebihan dari sabun cuci piring cair. Diantaranya kelebihan sabun mandi cair bila dibanding dengan sabun mandi padat/krim, diantaranya sebagai berikut:

  1. Praktis, karena sabun cuci piring cair tersedia dalam bentuk kemasan botol, sehingga dapat mudah di bawa atau pun di simpan.
  2. Mudah larut di air ( bathtub ), lalu di campur dengan air sebentar langsung berbusa.
  3. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain, dengan begitu dapat menghemat pada saat pemakaiannya
  4. Biasanya lebih ampuh dalam membersihkan lemak pada peralatan memasak.


Kelebihan Sabun Colek atau Sabun Cuci Piring Krim
Walaupun banyak orang telah beralih ke sabun lain untuk cuci piring dan cuci baju, tapi sabun cream masih banyak peminatnya. Sabun ini merupakan sabun yang multiguna. Bisa dipakai untuk membersihkan semua keperluan di rumah, cucipiring, cuci baju, atau pun untuk cuci mobil. Di daerah perkotaan sabun ini kurang banyak peminatnya, tetapi tidak begitu untuk daerah pedesaan.

Sabun colek sebaiknya tidak dipakai untuk cuci badan (mandi), dan cuci rambut (keramas) karena bisa membuat kulit dan rambut kita kering. Sabun colek memiliki banyak manfaat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya mudah didapat serta pembuatannya yang mudah dan cepat.


Sehingga disimpulkan bahwa dengan adanya Sunlight dengan harga Rp1.000 akan mengakibatkan peningkatan pasar terhadap sunlight dan adanya kemungkinan penurunan pasar terhadap penggunaan sabun krim/colek dikarenakan selain sunlight menurunkan harganya sebesar Rp.1.000, sunlight juga melakukan program agen 1000 sunlight. Program agen 1000 sunlight yang bertujuan untuk mengembangkan pasar sunlight dengan memanfaatkan pelanggannya. Sehingga ada kemungkinan pelanggan baru tersebut adalah orang yang sebelumnya menggunakan sabun krim/colek. Tetapi walaupun ada kemungkinan penurunan pasar, produk sabun krim/colek tetap bertahan di pasar dikarenakan manfaat sabun colek yang memiliki banyak manfaat dibandingkan produk sunlight. Sehingga penurunan pasar pada sabun colek/krim adalah pelanggan yang menggunakannya untuk mencuci peralatan dapur.



2.      Apa pertimbangan yang perlu dipikirkan saat sabun cuci piring melakukan perluasan manfaat yang sangat berbeda?
Jawab :

Menurut Schiffman dan Kanuk (1997) yang menyebutkan faktor-faktor pembentuk citra merek adalah salah satunya kegunaan atau manfaat, yang terkait dengan fungsi dari suatu produk barang yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen.

Apabila perusahaan tetap ingin hidup dalam dunia usaha, mereka harus mampu bersaing, untuk menjadi lebih besar. Bila perusahaan menjadi lebih besar tanpa membeli perusahaan lain, hal inilah yang disebut dengan perluasan atau ekspansi. Manfaat utama perluasan yaitu agar menggunakan sumber daya yang lebih efisien. Hal yang perlu difikirkan adalah


  1. Menciptakan nilai kepuasan pelanggan dalam penggunaan produk demi kebutuhan konsumen. Produk yang kita miliki memiliki nilai lebih yang bertujuan konsumen dapat lebih puas dalam menggunakan suatu produk, sehingga konsumen diharapkan merasa lebih baik membeli suatu produk yang memiliki nilai lebih dibandingkan produk yang memiliki nilai yang normal dalam produk tersebut. Dalam hal ini perusahaan melihat kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi. Contoh : Untuk konsumen yang sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan maka bisa membeli Mama lime yang tidak hanya dapat mencuci peralatan dapur tetapi juga dapat mencuci buah dan sayur sebelum memasaknya.
  2. Mencarikan kesempatan pada segmen-segmen pasar yang belum terlayani atau belum cukup terlayani oleh merek-merek lain yang sudah ada. Disini salah satu perluasannya ya sabun tersebut bisa digunakan untuk membersihkan benda lain yang belum cukup terlayani seperti contoh untuk mencuci sayuran dan buah. Tidak mungkin sabun tersebut manfaat lainnya bisa digabungkan dengan makanan. Perusahaan juga harus bisa meyakinkan konsumen dan membentuk presepsi konsumen bawa penambahan manfaat dari produk tersebut benar benar dapat digunakan dan aman bagi konsumen. 
  3. Jika perusahaan dapat memperlebar manfaat produk, diharapkan dengan memperluas manfaat seperti bisa digunakan untuk mencuci sayuran dan buah, mencuci pakaian dan sebagainya tersebut bisa mendorong konsumen/masyarakat memakai atau menggunakan sabun cuci menjadi sering dan cepat habis sehingga memaksa konsumen membeli kembali terus.
  4. Alasan ekonomis, bisa berupa untuk meningkatkan atau mempertahankan posisi bersaing perusahaan, untuk meningkatkan atau mempertahankan keuntungan
  5. Perluasan usaha dengan cara meningkatkan manfaat produk yang sudah ada. Dengan kata lain, perusahaan meningkatkan aktivitas ataupun menambah jenis manfaat yang bisa dirasakan oleh konsumen.
  6. Penurunan Biaya, Rendahnya biaya akan memberikan suatu keunggulan utama bagi perusahaan dalam persaingan.  Biaya-biaya produk dapat diturunkan dengan mengubah desain teknik, perbaikan produksi, biaya-biaya pasokan, dan peningkatan produktivitas pemasaran`
  7. Produk-produk sering diperbaiki dengan mengubah ciri , mutu dan gayanya.  Banyak perusahaan mengalokasikan sumber-sumber daya substansial untuk perbaikan produk-produk mereka secara reguler.  Dibandingkan dengan abad sebelumnya, produk-produk sekarang (seperti popok sekali pakai, kamera, komputer, dan barang-barang elektronik konsumen) memperlihatkan perbaikan yang luas dalam kinerja dan ciri-ciri mereka.
  8. Ciri, Salah satu cara untuk membedakan suatu merek dari pesaingnya adalah dengan cirinya yang unik.  Ciri-ciri ini menawarkan dengan leluasa kepada konsumen untuk memilih suatu merek tertentu.  Kemampuan untuk menghasilkan produk-produk dengan berbagai ciri yang menarik dari berbagai pasar merupakan keunggulan bersaing yang penting.
  9. Mutu, Strategi penting untuk meningkatkan keunggulan bersaing adalah perbaikan mutu.  Perusahaan melakukan manajemen mutu total sebagai suatu strategi bisnis dasar.  Memperbaiki mutu produk adalah suatu tantangan yang penting bagi perusahaan.  Perbaikan mutu produk mengurangi biaya dan meningkatkan keunggulan bersaing.
  10. Gaya, walaupun mutu produk untuk sebagian perusahaan lebih penting, gaya menawarkan suatu keunggulan bersaing untuk produk-produk tertentu. Selain itu, gaya dapat merupakan cerminan mutu dalam beberap kategori produk.
  11. Perubahan strategi pemasaran dalam hal positioning produk, beberapa perubahan dalam penargetan dan penentuan posisi pasar seringkali merupakan hal yang penting dalam daur hidup produk tersebut.  Masalah dan peluang dapat mengarah pada penyesuaian strategi pasar dalam suatu tahap daur hidup produk.



3.   Apa perbedaan dan persamaan antara program agen 1000 sunlight dengan MLM (Muliti Level Marketing)?
Jawab :

Agen 1000 Sunligt termasuk pada Word of Mouth Marketing yaitu pemasaran dengan memanfaatkan rekomendasi sesama konsumen guna mendapatkan konsumen baru baik dari kompetitor maupun benar-benar pengguna baru dari kategori lain. Sunlight memotivasi konsumennya untuk mengajak orang lain, yaitu pengguna sabun krim untuk upgrade menggunakan Sunlight dengan iming-iming hadiah. Secara mengejutkan ternyata tingkat partisipasi konsumen untuk menjadi Agen 1000 Sunlight sangatlah besar yang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan dari segi jumlah agen ataupun jumlah member (orang yang diajak) yang mencapai ratusan ribu orang menjadi pengguna baru Sunlight

Persamaanmya : MLM dan agen 1000 sunlight sama sama menggunakan konsumen sebagai distributornyanya, menggunakan sistem jaringan. Orang yang berada dalam jaringan bisa bertindak sebagai konsumen dan distributor, orang dalam jaringan tersebutrang lain, yaitu calon pengguna produk dengan target mengajak orang sebanyak-banyaknya.

Perbedaannya : 

No
Unsur
Agen 1000 Sunligt
MLM
1
Kode Etik
Tidak Ada
Ada
2
Promosi
Mempromosikan sistem jaringannya di media massa melalui iklan di tv
MLM tidak boleh memajang produk dengan cara penjualan konvensial, promosi lewat jaringan tidak boleh lewat media massa, dengan sistem jaringan bisa membentuk imaje dibenak konsumen
3
Targetnya
Tak terbatas targetnya, siapa yang paling banyak mengajak orang lain maka akan mendapatkan hadiah.
Untuk mendapatkan hadiah MLM ada tingkatan targetnya, misal untuk target pertama hadiahnya berbeda dengan target kedua. Berjenjang dapet diskon.
4
Cara Penyampaian Produknya
Tidak perlu melakukan prospek dalam bentuk promosi iklan bagi para anggotanya karena perusahaan Sunlight sudah jelas terkenal baik dimedia massa atau ditelevisi sehingga anggota hanya mengajak masyarakat untuk ikut memakai produk Sunligt dirumahnya.
Anggota biasanya membeli katalog untuk menyampaikan gambaran produknya ke konsumen. Lalu memprospek calon anggota untuk direkrut menjadi bagian dari sistem dengan syarat awalnya membeli produk tersebut terlebih dahulu.

Comments

  1. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    ReplyDelete

Post a Comment