Skip to main content

Featured

Yuk, Dukung Germas Hidup Sehat ! Sehat itu Murah, Sakit itu Mahal

Waduh, menurutku tidak ada kata terlambat untuk hidup lebih sehat dan teratur. Kalau kemarin-kemarin kita menjalani hidup tidak sehat, maka sekarang saatnya kita mulai mengubah gaya dan pola hidup lebih sehat.
Ya,   "Gaya dan Pola Hidup Sehat"
Kalimat ini sangat sederhana untuk didengar, tapi kebiasaan inilah yang sering masyarakat Indonesia termasuk aku sendiri masih sulit untuk dilakukan. Buktinya ya masih saja kita sering mengkonsumsi junk food atau gorengan dan sebagainya. Hehehe...
Memang, kenapa sih kita harus ubah pola gaya hidup kita lebih sehat ??

Hmm... kalau kita sehat ya kita bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Aku yakin pasti kalian gak suka kan kalo setiap hari mesti minum obat pahit plus dikasi suntikan ke kulit gitu kalo lagi sakit. Iiiiiyy serem banget kedengerannya....










Sering dengar kalimat " Mencegah lebih baik daripada Mengobati " gak?

Tentu saja kalo sakit pasti harus di obati. Jaman sekarang biaya obat dan biaya rumah sakit lumayan mah…

Perspektif Dampak Lingkungan terhadap Kegiatan Tambang Newmont



Bagi sebagian orang awam, mungkin pertama kali mendengar kata ' Tambang ', yang terlintas pertama kali itu pasti berkaitan dengan pengeksploitasian/pengerukan kekayaan alam tanahnya, perusak alam atau bahkan perampok kesejahteraan warga sekitar. Memang ketika kita berbicara mengenai sesuatu tentang pertambangan itu pasti punya banyak pemikirannya tergantung dari sudut pandang orangnya baik perspektif/stigma positif maupun negative.

Mungkin bagi masyarakat sekitar tambang berpikiran negatif ketika Newmont pertama kali datang kedaerah Batu Hijau - Sumbawa tersebut mereka langsung merasakan dampak yang sangat berbeda ketika sebelum Newmont melakukan pengoperasian tambangnya. Mereka merasa takut terhadap dampak yang ditimbulkan oleh penambangan tersebut seperti perubahan lingkungan terutama hutan beserta hewan dan pepohonan semakin sedikit dan langka karena ditebang untuk dijadikan sebagai lokasi pertambangan, pembuangan limbah tambang yang bisa menyebabkan pencemaran dan suasana kendaraan besar untuk menambang yang berseliweran melewati pemukiman penduduk.  Tetapi hebatnya hal itu semua berusaha segera diatasi oleh PT Newmont Nusa Tenggara untuk menindaklanjuti hal tersebut agar dampak kegiatan pertambangan terhadap lingkungan tidak terlalu merugikan penduduk sekitar. Hal ini tentu saja usaha dalam hal meluruskan perspektif penduduk sekitar agar bisa sama-sama mendukung kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh PT. Newmont Nusa Tenggara ini. Disini sekarang tujuan utama PT Newmont Nusa Tenggara bukan hanya mengenai profit lagi tetapi mencoba lebih kepada pengembangan kualitas hidup masyarakat dan pengelolaan lingkungan sekitar tambang.  Maka dari itu demi menepis perspektif/stigma negatif masyarakat terhadap PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yang bergerak dalam industri pertambangan tembaga dan emas maka diterapkanlah konsep good mining practice. Good Mining Practice adalah cara penambangan yang menggunakan kaidah-kaidah teknik pertambangan yang baik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Tentu saja dalam kondisi ini PT. Newmont Nusa Tenggara berusaha terus menerapkan standart tertinggi bagi pengelolaan lingkungan untuk mengurangi resiko atau bahaya yang berpotensi merusak lingkungan akibat penambangan yang dilakukannya.

Usaha-usaha yang dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara antara lain seperti :
- Merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar tambang
Mengacu kepada tujuan utama PT Newmont Nusa Tenggara tersebut maka Newmont berusaha membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar tambang agar ikut bekerja dan bisa meningkatkan kualitas hidupnya melalui pengembangan sumber daya manusia dan mereduksi dampak sosial bahkan mengedukasi kembali masyarakat yang bersifat negatif terhadap keberadaan tambang. Oleh karena itu PT Newmont Nusa Tenggara membuka lapangan kerja sebanyak mungkin untuk masyarakat sekitar tambang serta berusaha membantu masyarakat untuk mengembangkan industri usaha kecil agar setelah penutupan tambang masyarakat tetap memiliki hidup yang sejahtera.

- Pengembangan program reklamasi guna pelestarian alam sekitar tambang
PT Newmont Nusa Tenggara juga melakukan program reklamasi dengan penanaman kembali tanaman dan tumbuhan asli ( endemik ) sesuai bukaan lahan yang di pakai PT Newmont Nusa Tenggara. Reklamasi terus dilakukan seiring kegiatan tambang di lakukan jadi tidak harus menunggu selesai menambang dan tidak hanya menanam kembali tetapi juga memantau vegetasi secara berkala guna memastikan metode erosi pencegahan dan pelestarian alam terlaksana secara efektif. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan luas tanah terbuka, sekaligus mencegah erosi yang dapat mempengaruhi mutu air setelah penambangan selesai beroperasi, reklamasi dan revegetasi akan diselesaikan guna menyediakan bentang lahan yang cocok untuk penggunaan. Perencanaan penggunaan lahan setelah tambang tutup, akan dibuat atas persetujuan pemerintah dan masyarakat dan juga tidak lupa untuk mengolah limbah dengan cara daur ulang agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

- Pengembangan Infrastrukur
Dalam hal pengembangan infrastruktur ini bisa saja menjadi feedback yang harus dibalas kepada daerah tambang karena sudah diperbolehkan untuk mengambil isi tambangnya sepuasnya. Selain karena agar mempermudah akses jalan kendaraan tambang saat beroperasi, hal ini juga berdampak pada keamanan dan kelancaran akses jalan masyarakat sehingga masyarakat mudah menjangkau daerah luar. Misalnya saja dalam peningkatan prasarana yang dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara itu meliputi perbaikan jalan, penerangan lampu dan saluran air, pembanguan dan rehabilitasi gedung sekolah, pembangunan klinik, pengadaan air bersih dan irigasi, pembangunan tempat pembangunan sampah, pasar tradisional dan bahkan pariwisata. Hal ini juga bisa menarik wisatawan baik local maupun mancanegara untuk berkunjung ke Sumbawa sehingga bisa menambah devisa daerah dan Negara tentunya.

- Pengelolaan Kesehatan Masyarakat
Dalam hal ini tentu saja merupakan suatu hal yang baik untuk dipertimbangkan seperti kegiatan kesehatan yang bersifat preventif. Preventif disini sebagai suatu pencegahan agar bisa mengurangi penyakit-penyakit yang dialami oleh masyarakat. Misalnya saja pengendalian malaria, kesehatan ibu dan anak, air dan sanitasi dan program pencegahan penyakit menular serta program pelatihan kesehatan.

- Kepedulian sosial dan pendidikan
Salah satu aspek lingkungan yang penting untuk dipertimbangkan adalah lingkungan social dan pendidikan. Tentu saja pada industri pertambangan ada dampak negatifnya, yaitu kerusakan pada lingkungan sekitar. Tanah wilayah yang menjadi area pertambangan akan terkikis, sehingga dapat menyebabkan erosi. Limbah hasil pengolahan tambang juga dapat mencemari lingkungan. Untuk mengatasi dampak negatif tersebut, maka setiap perusahaan harus memiliki tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). CSR harus diterapkan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Prinsip pembangunan berkelanjutan adalah memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.
Sedangkan dalam hal peningkatan mutu pendidikan PT Newmont Nusa Tenggara melakukan suatu kepedulian melalui pelatihan guru, pelatihan kejuruan ( perbengkelan, otomotif, pengelasan dan kelistrikan untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai ). Bahkan untuk setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada masyarakat lokal serta program perpustakaan keliling.

- Pengembangan Ekonomi
Pada lingkungan ekonomi, perusahaan dapat membantu usaha-usaha kecil menengah (UKM) dengan memberikan pinjaman dana untuk mengembangkan usaha mereka dan bahkan juga memberikan pelatihan agar bisa mengembangkan kualitas usaha mereka. Misalnya saja pada usaha-usaha pertanian, peternakan dan budidaya-budidaya, lalu juga ada pengrajin-pengrajin tradisional, atau sektor usaha-usaha kecil menengah lainnya. Tentu saja hal ini didukung dengan penerapan gagasan " Pembelian Lokal " yang telah diterapkan di perusahaan demi meningkatkan pembelian produksi dan layanan jasa social sehingga masyarakatpun semakin memiliki semangat untuk maju dan terus berkembang.

Dalam hal ini dengan adanya program-program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara yang terpenting adalah apa yang bisa dilakukan perusahan agar juga berkontribusi kepada masyarakat. Dengan begitu dukungan dan support dari masyarakat bisa membangun perusahaan untuk bisa semakin berkembang lagi dan memperbaiki dampak kesalahan yang dilakukannya pada lingkungan sekitar tambang. Dan juga tujuan penerapan tersebut agar masyarakat distimuli untuk mengembangkan sumber daya alam nya sendiri. Jadi, tidak hanya mengambil keuntungan dengan mengeksploitasi sumber daya alam yang ada, tetapi PT Newmont Nusa Tenggara ini juga harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Comments