Skip to main content

Featured

Asyiknya Liburan se-Keluarga di Kura-Kura Waterpark Disc.10% via App My Blue Bird

Hayoo.. biasanya apa yang kalian lakukan dikala hari Minggu bersama si kecil dan keluarga??? Kepantai ? Ah lama-lama udah bosen ke alam atau pantai-pantai mulu terus deh secara Lombok mah gak abis-abis pantainya. Hihihi.. 
Nah kalo gitu sini coba aku saranin deh untuk kunjungi salah satu objek wisata asyik buat keluarga di pusat Kota Mataram. Objek wisata ini keren banget, banyak sekali fasilitas yang berada di 1 tempat. Buat yang belum pernah kenal namanya "Kura-kura Waterpark dan Kids Fun House". Buat orang-orang yang sudah kenal namanya biasa menyebutnya dengan "Kura-Kura" saja.
Baca juga : Yuk Intip Asyiknya Liburan Gubernur NTB Zainul Majdi Sekeluarga ke Lombok Elephant Park
Kura-Kura Waterpark - Family Entertainment
“Kura-Kura”, sebuah wahana waterpark dan tempat bermain serta bersantai untuk keluarga. Buat kalian yang berlibur dengan keluarga berikut buah hati, tempat ini bisa dijadikan list kunjunganmu ketika ke Lombok karna termasuk ramah kantong untuk meni…

Contoh Kasus Sistem Informasi Manajemen Beta Corps


KASUS:  BETA SYSTEMS Ilustrasi  (Jawaban Benar dan Terbaik)
  1. Tahun 1984 Beta didirikan oleh para ahli komputer dari Stanford University dengan karyawan lebih dari 2.000 orang di 5 negara dan mempunyai nilai pasar $363 miliar. 
  2. Beta mengkodifikasi algoritma untuk mengkonfirmasikan sistem jaringan untuk  pelanggan korporat dan menempatkan algoritma pada web untuk digunakan para insinyur pembelian.  
  3. Tahun 1999, 80% dari semua pesanan pada Beta datang melalui web yang dikonfigurasi sendiri oleh pelanggan.  
  4. Pertengahan tahun 1999, 80% dari kebutuhan dukungan teknik pelanggan dipenuhi secara online dan hasilnya penjualan Beta naik enam kali.  
  5. Beta mendorong konsumen untuk menggunakan internet untuk berbagai pengalaman tidak hanya dengan perusahaan tetapi juga dengan pelanggan lain, sehingga menciptakan (self-inflating ballon of knowledge)  
  6. Pada akhir tahun 1999 lebih dari separuh pesanan pelanggan Beta ditransmisikan dan di  penuhi ke dan oleh subkontraktor perusahaanj tanpa karyawan Beta yang menyentuh sepotong kertas  
  7. Pada akhir tahun 1999, Beta mengumumkan peluncuran inisiatif e-learning untuk mengubah cara perusahaan mendidik dan memberi pelatihan karyawan, channel patners,dan pelanggan. Beta mempunyai akses real-timepada data operasional dan finansial.  
  8. Pada tahun 2000, Beta menjadi perusahaan pertama di dunia yang dapat secara virtual menutup bukunya dalam sehari pada hari apa pun dalam setiap triwulan.
  9. Dengan menerapkan sistem internet, Beta dapat menghemat sekitar $500 juta per hari  
  10. Beta secara sederhana tidak dapat tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan hampir 50% tanpa tergantung pada browser

Pertanyaan :

1.    Deskripsikan penggunaan internet oleh Beta untuk membangun keunggulan persaingannya ! 
Jawab :

Beta adalah perusahaan penyedia hardware dan software. Untuk mengembangkan strategi bisnisnya, Beta menggunakan web yang mereka kembangkan sendiri untuk memudahkan kegiatan operasional perusahaan karena web yang mereka buat sangat mudah untuk dimodifikasi dan dapat menampung data yang kompleks. Dari penjelasan tentang Beta bahwa sebagian besar pelanggan Beta berasal dari Amerika Selatan dan negara-negara lainnya. Oleh karena itu, dengan membuat web untuk strategi perusahaan dan kegiatan operasional perusahaan, maka akan lebih mudah bagi Beta untuk bertransaksi dengan konsumen kapanpun dan dimanapun diseluruh dunia. Proses transaksi pun akan lebih mudah dan lebih cepat serta tidak memerlukan biaya yang tinggi. 

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator keberhasilan Beta dan untuk mendukung tujuan ini, pelanggan dapat berkomunikasi, memesan dan menspesifikasikan pesanannya lewat web sehingga Beta dapat selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan dan respon yang cepat. Selain itu, pelanggan yang memerlukan dukungan teknis dan pengetahuan troubleshooting dapat langsung melihat dari web. Dengan menggunakan software pengisian ulang dinamis berbasis web, pemasok memperoleh informasi tentang materi dan komponen apa yang harus mereka kirim ke pabrik perakitan dan kapan. Pabrik perakitan juga menerima informasi relevan tentang materi yang masuk, sampai, waktu untuk  perakitan, kapan untuk melakukan tes dan mengirim pesanan. Jadi, manajemen Beta dapat selalu mengontrol perusahaan dimanapun berada. 

Untuk menjalankan aspek sumber daya manusia, Beta dapat merekrut dan menyaring karyawan lewat web sehingga biaya yang dikeluarkan Beta dapat ditekan dan diminimalisir. Segala informasi yang dibutuhkan karyawan mulai dari pelatihan karyawan, tunjangan, kebijakan perusahaan, hingga rencana perjalanan dapat diperoleh dari web. 

Dengan menempatkan semua aspek kegiatan pada web maka perusahaan dapat memperoleh informasi keuangan dan operasional secara real time dan cepat. Transaksi dapat dilakukan setiap saat selama 24 jam dan laporan keuangan dapat selalu dilihat setiap saat. Jadi bisa disimpulkan jika sistem web merupakan salah satu strategi perusahaan untuk bersaing dengan pesaingnya dan pelayanan konsumen dapat terlaksana dengan memuaskan. Selain itu,  biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi sehingga menghasilkan laba yang maksimal.

2.     Bagaimana sebuah perusahaan besar yang mapan (seperti General Motors) menggunakan internet sebagai senjata strategis? Apakah pelajaran Beta dapat digeneralisasikan? 
Jawab :

Pelajaran dari Beta ini dapat digeneralisasikan dan digunakan untuk semua perusahaan besar seperti General Motors atau perusahaan lainnya. Dengan menempatkan kegiatan operasional dan keuangan  perusahaan menggunakan sistem web maka perusahaan dapat mempermudah kegiatannya dan konsumen  pun juga akan ikut dimudahkan dalam bertransaksi. 

Tapi sistem Beta ini harus disesuaikan dan diadaptasi dengan jenis bisnis, struktur bisnis, rantai nilai, tujuan perusahaan hingga budaya perusahaan tersebut. Jadi, setiap perusahaan akan memiliki web yang sesuai kebutuhan dan kapasitas perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perancang sistem perlu mengetahui strategi organisasi untuk membuat web yang dapat membantu  perusahaan mencapai tujuannya .

Comments

  1. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    ReplyDelete

Post a Comment