Word of mouth marketing atau
viral marketing? Apa bedanya? Keduanya memang sama-sama merupakan jenis/strategi marketing dalam bisnis.
Word-of-mouth (WOM)
adalah ketika sebuah bisnis melakukan sesuatu dan konsumen mereka
menyebarkan ke lima, sepuluh, lima puluh teman mereka. Beritanya
tersebar dari mulut-ke-mulut.
Word of mouth memiliki dampak gaungnya. Suara/informasi utamanya kencang dan kemudian semakin memudar setelahnya.
Viral marketing berbeda dengan WOM karena memiliki dampak
penggambungan. Konsumen memberitahukan lima hingga sepuluh orang lain
dan kemudian kelima hingga kesepuluh orang tersebut memberitahukan lima
hingga sepuluh orang lainnya. Kekuatan di balik kampanye viral adalah passion
yang dibawa konsumen. Seperti virus yang terus menginfeksi lebih banyak
orang dan menyebar hingga akhirnya tak lagi membutuhkan usaha
marketing.
Meskipun keduanya terlihat serupa tapi kamu bisa melihat bahwa mereka sesungguhnya berbeda.
Marketing word of mouth adalah komponen kunci untuk
mengembangkan bisnis kecil. Melalui WOM-lah bisnis barumu bisa berjalan
di awal masa operasinya, ketika kamu belum memiliki atau bahkan tidak
memiliki biaya marketing. Konsumen membagikan pengalaman mereka saat
menggunakan produk atau jasamu dan mereka membagikan cerita itu dengan
keluarga dan teman mereka. Ini akan meningkatkan basis konsumen dan
tentunya juga penjualan.
Viral marketing lebih kepada mencapai dan mendapatkan suatu bentuk
semangat dari konsumen, semangat itu bisa membawa sebuah pesan dan pesan
tersebut terus menyebar hingga mencapai massa bahkan tanpa bantuanmu
sekalipun. Untuk bisa mencapai tingkat kesuksesan, konsumen sebaiknya
juga memiliki sebuah kepintingan pribadi dan kemauan sehingga mereka
akan berperan aktif dalam kesuksesan kampanye.
Perlu diketahui bahwa kesuksesan kampanye viral bergantung pada
‘kendaraan’ yang digunakan untuk membawa pesan. Untuk membuat dampak
viral yang kuat, pesan harus bisa dibawa dari iklan televisi, atau
menggunakan radio dan bahkan sosial media. Seperti yang kita tahu
kekuatan terbesar saat ini sudah mulai bergeser ke platform-platform
yang ada dalam internet.
Untuk itu perbedaan terbesar antara
word of mouth marketing dan
viral marketing
adalah WOM seringnya dimulai dari si pemilik bisnis sendiri sedangkan
viral marketing dimulai oleh konsumen dan kesuksesannya tidak bergantung
padamu
Comments
Post a Comment