Skip to main content

Featured

Singgahi Lombok, Begini sambutan Krida Toyota atas kedatangan Tim Beyond Indonesia - East Timor with Toyota

Kedatangan Tim Beyond Journey di Krida Toyota NTB pada tanggal 17 April 2018 Berbicara tentang mobil, aku yakin sebagian dari kalian pasti berpikiran tentang satu nama merek mobil yang terkenal yang katanya awet dan irit yaitu "TOYOTA", dan tepat sekali beberapa hari yang lalu Selasa, 17 April 2018 di Krida Toyota (Dealer Resmi Toyota di Lombok) pun dengan gembira menyambut kedatangan para team Beyond Beautiful Indonesia yang telah melakukan perjalanan panjang kurang lebih 20 hari dari Indonesia Barat hingga Timor Timor.  Wah aku gak abis pikir nih melakukan perjalanan jauh  selama 20 hari untuk suatu misi dan melewati darat laut gunung pantai dan sebagainya dengan hanya menggunakan mobil via darat. Salut buat om-om journey. Rentetan Mobil-Mobil yang digunakan oleh Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia Oh ya, sebelumnya pasti kalian pada masih belum tau siapa sih Tim Beyond Journey ini.  Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia merupakan gabungan tiga komuni

Perbedaan terbesar antara Word of Mouth (WOM) Marketing dan Viral Marketing


Word of mouth marketing atau viral marketing? Apa bedanya? Keduanya memang sama-sama merupakan jenis/strategi marketing dalam bisnis. Word-of-mouth (WOM) adalah ketika sebuah bisnis melakukan sesuatu dan konsumen mereka menyebarkan ke lima, sepuluh, lima puluh teman mereka. Beritanya tersebar dari mulut-ke-mulut. Word of mouth memiliki dampak gaungnya. Suara/informasi utamanya kencang dan kemudian semakin memudar setelahnya.

Viral marketing berbeda dengan WOM karena memiliki dampak penggambungan. Konsumen memberitahukan lima hingga sepuluh orang lain dan kemudian kelima hingga kesepuluh orang tersebut memberitahukan lima hingga sepuluh orang lainnya. Kekuatan di balik kampanye viral adalah passion yang dibawa konsumen. Seperti virus yang terus menginfeksi lebih banyak orang dan menyebar hingga akhirnya tak lagi membutuhkan usaha marketing.

Meskipun keduanya terlihat serupa tapi kamu bisa melihat bahwa mereka sesungguhnya berbeda.
Marketing word of mouth adalah komponen kunci untuk mengembangkan bisnis kecil. Melalui WOM-lah bisnis barumu bisa berjalan di awal masa operasinya, ketika kamu belum memiliki atau bahkan tidak memiliki biaya marketing. Konsumen membagikan pengalaman mereka saat menggunakan produk atau jasamu dan mereka membagikan cerita itu dengan keluarga dan teman mereka. Ini akan meningkatkan basis konsumen dan tentunya juga penjualan.

Viral marketing lebih kepada mencapai dan mendapatkan suatu bentuk semangat dari konsumen, semangat itu bisa membawa sebuah pesan dan pesan tersebut terus menyebar hingga mencapai massa bahkan tanpa bantuanmu sekalipun. Untuk bisa mencapai tingkat kesuksesan, konsumen sebaiknya juga memiliki sebuah kepintingan pribadi dan kemauan sehingga mereka akan berperan aktif dalam kesuksesan kampanye.

Perlu diketahui bahwa kesuksesan kampanye viral bergantung pada ‘kendaraan’ yang digunakan untuk membawa pesan. Untuk membuat dampak viral yang kuat, pesan harus bisa dibawa dari iklan televisi, atau menggunakan radio dan bahkan sosial media. Seperti yang kita tahu kekuatan terbesar saat ini sudah mulai bergeser ke platform-platform yang ada dalam internet.

Untuk itu perbedaan terbesar antara word of mouth marketing dan viral marketing adalah WOM seringnya dimulai dari si pemilik bisnis sendiri sedangkan viral marketing dimulai oleh konsumen dan kesuksesannya tidak bergantung padamu


Comments