Skip to main content

Featured

Demi Dorong UKM Kuliner di Mataram, YDBA Luncurkan Program Pembinaan Sektor Unggulan

Salam Entrepreneurs,

Pada tanggal 6 Oktober 2017, bertempat di Kantor PPKP Mataram, Pak Henry C.Widjaja selaku Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didampingi Ibu Lindrawati, koordinator LPB Mataram bersama perwakilan UKM menandatangani nota kesepakatan dalam acara "Kick Off Sektor Unggulan UKM Kuliner" yang berisi langkah komitmen bersama sampai akhir tahun 2018 untuk mengembangkan UMKM Kuliner di Mataram dan sekitarnya.
Sebelumnya, di Mataram hanya banyak terfokus dalam pembinaan Sektor Unggulan Kerajinan seperti cukli, bambu, dan kain tenun saja. Sedangkan seperti yang kita ketahui di Lombok ini terkenal dan berpotensial sekali dengan kuliner khas nya tapi sayangnya belum mendapat perhatian yang lebih baik dari yayasan lain dan pemerintah. Maka dari itu hal ini membuat dari pihak LPB dari YDBA memilih  membina Sektor Unggulan Kuliner.

YDBA mengembangkan sektor unggulan dalam rangka mengembangkan komunitas UKM dengan harapan agar UKM-UKM yang bergabung dalam…

Short Trip Again with #BatuHijauBootcamp : Dari Timur ke Barat Part 2


" Sugeng Rauh ing Yogyakarta"
( Selamat Datang di Yogyakarta)

Tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta

Yogyakarta, 25 Agustus 2016

Nah setelah perjalanan darat selama 5 jam an melalui kereta api hihhi (masih excited rasaya bisa naik kereta api eksekutif) akhirnya kami sampai juga di Stasiun Tugu Yogyakarta. *feel grateful*. Kemudian dari sana kami langsung saja makan siang bersama menuju ke Rumah Makan Morolejar dan bertemu dengan Tim Bootcampers dari Barat (Jakarta). Sekali lagi epic banget rasanya, kedatangan kami disambut hangat, apalagi beberapa dari mereka semua sudah mengenalku ketika Newmont Bootcamp Goes To Buyat, Sulawesi Utara beberapa bulan yang lalu. Aku sempat merekam video ketika sorak kami bertemu satu sama lainnya disana.

Aku tak menyangka bakal dikasi kesempatan lagi oleh Newmont bertemu lagi dengan mereka, bahkan kami merasa seperti sudah keluarga lama tak berjumpa, terlepas kami hanya aktif di wa grup. Sekali lagi Terima kasih PT Newmont Nusa Tenggara :3

Sajian menu hidangan khas seafood di Morolejar. Yummyyyyy kenyang banget kita :D
Tim Barat dan Tim Timur Komunitas Batu Hijau bertemu di Morolejar, Yogyarakta
" Gimana perasaaanya ketika pertama kali tiba di Yogyakarta? "

Well, Kota Yogya mengingatkanku pada Bali yang penuh dengan nuansa budaya dan kearifan lokal. Disini saya merasa nyaman dan adem banget, gimana yaa agak susah diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi cocok banget kami para tim timur (sumbawa, lombok, surabaya) dan tim barat (Jakarta dan sekitarnya) dipertemukan di tengah-tengah Pulau Jawa yaitu Kota Yogyakarta. Sungguh EPIC! 

Terlepas dari itu semua, aku merasa nyaman dan tidak merassa asing di Kota ini mungkin karena Kota ini masih sampai sekarang memegang warisan budaya dan terasa mistisnya peninggalan Sejarah Hindu Islam. Memang benar Yogyakarta dikatakan sebagai "Daerah Istimewa Yogyakarta" karena dia satu-satunya Kota yang tidak memiliki Gubernur sebagai pimpinan rakyatnya melainkan keturunan seorang Sultan Hamengkubowono. 

Entahlah aku suka suasana dan keindahan Kota ini karena aku sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah dan mistis gitu, percaya tidak percaya aku merinding mengatakannya. I mean that aku sangat respect sejarah kerajaan zaman dahulu. Saat SMA pun nilai pelajaran Sejarah ku pun lumayan tinggi sih basically aku anak IPS.

Setelah istirahat sejenak dan mengisi tenaga kami di Morolejar, selanjutnya rombongan timur dan barat akan menuju ke Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kagem yang lokasinya persis di dekat kaki gunung Merapi.


Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (YRBK KAGEM)

Komunitas Batu Hijau Bootcamp berkenalan dengan anak-anak didik di YRBK Kagem Jogya

YRBK Kagem merupakan sebuah lembaga nirlaba yang berlokasi di Jalan Kaliurang, KM 10, Yogyakarta yang bergerak dalam kegiatan sosial dan pendidikan sejak 19 Oktober 2011.

Mengapa dikatakan sebagai Rumah Belajar Kreatif ?

Sepertinya karena rumah belajar ini memang terbuka dekat dengan alam dan areanya hanya terdapat berugak-berugak kecil atau gazebo yang diisi dengan perpustakaan, bale kreativitas dan diskusi.

Lahirnya lembaga ini didorong oleh keprihatinan terhadap berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitar Kagem, terutama di Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Dengan semangat berbagi kepada sesama, Kagem bersama dengan 40 relawan yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta bergerak dalam tiga bidang yaitu pendidikan, media, dan kesejahteraan.

Kegiatan belajar dan pengembangan bakan anak di KAGEM
Dan dalam kesempatan kali ini, para komunitas batu hijau giliran sharing pengalaman dan motivasi dengan berbagi inspirasi mengenai cita-cita dan profesi tentunya menyenangkan sesuai keahlian Bootcampers di Kagem Jogja ini. Kebanyakan orangtua dari mereka berprofesi sebagai buruh sih soalnya. Hmmm ya bisa dibilang ini mirip disebut sebagai Kelas Inspirasi #BatuHijauBootcamp edisi Yogyakarta. #Tjieee 



Tak hanya itu, para bootcampers juga mengenalkan semangat dan kemampuan kerja sama tim dalam kelompok lewat permainan dan tebak-tebakan gitu. Yel-yel kelompok pun disorakan semangat anak-anak KAGEM.

Permainan menarik air gelas pada satu tempat ke tempat yang lain yang sangat seru
Adik-adik disini berbaris dan mecoba menyerukan yel-yel kelompok  mereka masing-masing
Siapa sangka akhirnya kelompok kami : kelompok 5 menang. Yeayy ! Berfoto bersama kak Cumi, mbak Raiyani, Mbak Azmi, Rachel dan anak didik KAGEM

Pak Khun sharing dan motivasi adik-adik. Bahkan saat ditanya mereka ingin bercita-cita sebagai apa, mereka banyak menjawab ingin menjadi penari, pemain sepak bola, polwan, dokter, chef,
Diakhir kegiatan, Newmont menyumbangkan buku bacaan, papan tulis, meja belajar, alat pendukung pengajaran lainnya dan tak lupa memberikan sebuah penghargaan sebagai kenang-kenangan dari Newmont kepada YRBK KAGEM. 


Pemberian simbolis kenang-kenangan oleh Pak Ari dari pihak Newmont kepada pengelola YRBK KAGEM

Yeay! Adik-adik hebat karna menang permainan jadi semuanya dapat hadiah buku cerita bergambar tentang tambang.

Setelah selesai dari kegiatan di KAGEM, kami langsung menuju ke Greenhost Boutique Hotel untuk beristirahat sejenak dan membersihkan diri.

Greenhost Boutique Hotel  
 
 
 
Yoa, kalau kalian pencinta film #AADC alias Ada Apa Dengan Cinta 2 yang dimana tempat nginapnya Cinta dan Rangga di film AADC itu ya di situ. Hohoho... Gila, kesan pertama masuk hotel ini itu seperti bukan hotel deh. Ijo, asri gitu deh suasana hotelnya. Ya karena memang hotel ini bergaya Eco-Green gitu. Bahkan desain interior, bahan, dinding nya pun ECO banget.

Unik



Bersambung .... XOXO

Comments