Featured

Yuk, Dukung Germas Hidup Sehat ! Sehat itu Murah, Sakit itu Mahal

Waduh, menurutku tidak ada kata terlambat untuk hidup lebih sehat dan teratur. Kalau kemarin-kemarin kita menjalani hidup tidak sehat, maka sekarang saatnya kita mulai mengubah gaya dan pola hidup lebih sehat.

Ya,   "Gaya dan Pola Hidup Sehat"

Kalimat ini sangat sederhana untuk didengar, tapi kebiasaan inilah yang sering masyarakat Indonesia termasuk aku sendiri masih sulit untuk dilakukan. Buktinya ya masih saja kita sering mengkonsumsi junk food atau gorengan dan sebagainya. Hehehe...

Memang, kenapa sih kita harus ubah pola gaya hidup kita lebih sehat ??

Hmm... kalau kita sehat ya kita bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Aku yakin pasti kalian gak suka kan kalo setiap hari mesti minum obat pahit plus dikasi suntikan ke kulit gitu kalo lagi sakit. Iiiiiyy serem banget kedengerannya....

Yuk, Ubah Pola Gaya Hidupmu dari Sekarang!









Sering dengar kalimat " Mencegah lebih baik daripada Mengobati " gak?

Tentu saja kalo sakit pasti harus di obati. Jaman sekarang biaya obat dan biaya rumah sakit lumayan mahal (walau ada asuransi sakit tapi tetap saja kita mengeluarkan uang), jadi ya satu-satunya cara kita agar terhindar dari penyakit yaitu dengan mulai mengubah pola hidup kita dari sekarang.

Nah, kebetulan juga nih pada hari Jumat, 21 Juli 2017 lalu, aku bareng Komunitas Blogger Lombok diundang untuk menghadiri acara Temu Blogger Kesehatan 2017 untuk campaign Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI.

Bisa dibilang sih tujuan kegiatan ini untuk meningkatan kesadaran dan kemauan masyarakat Indonesia untuk hidup sehat. Mantap banget! Aku setuju banget nih kalo program-program kayak gini diadain.

Suasana Kegiatan Temu Blogger Kesehatan 2017 di Aston Inn Hotel, Mataram


Para Komunitas Blogger Lombok berfoto bersama Bpk Sekjen Kemenkes RI

Acara utama dalam kegiatan ini diawali dengan sesi seminar dengan tema materi yaitu Pengelolaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular oleh dr. Birry Karim, Sp.PD. Menurutku penjelasannya cukup mudah dimengerti dan gak buat boring. 

Salah satunya topik perbincangannya tentang informasi penyakit yang tergolong tidak menular seperti penyakit kencing manis (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung koroner, kolesterol tinggi, kegemukan dan sayangnya ternyata lebih banyak kasus ditemukan di masyarakat daripada penyakit menular.

Kalau aku sih sudah tahu hal tersebut karena Ibu dan kakek dari keluarga Ibu ku sudah terkena diabetes dan hipertensi. Maka dari itu aku sudah tahu rasanya melihat bagaimana kondisi Ibu ku harus setiap hari seumur hidup minum pil tensi dan susahnya harus menjaga pola makan biar gula darah tidak naik.

Pemaparan dan Dialog Interaktif oleh Sekjen Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan NTB



















.
Kemudian, acara selanjutnya yaitu pemaparan singkat sekaligus dialog interaktif dari Sekertaris Jenderal Kemenkes RI dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes yang didampingi oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A.

Terakhir, acara ditutup dengan kegiatan Workshop Penulisan dengan  tema "Mengulik Bahasa, Mendongkrak Nilai Blog" oleh Anwari Natari, seorang trainer, guru dan editor bahasa. Pembawaan acara yang cukup kocak dan berisi karena di isi game tebak kata, mampu menambah wawasan kita tentang penggunaan bahasa blog yang bisa mudah dipahami pembaca. Salut deh om! 


Btw, apa saja sih Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat itu ?



Pertama, Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik gak cuma olahraga saja lo. Mudah saja, kalian bisa melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dimana saja dan kapan saja seperti berjalan kaki, naik turun tangga, bersepeda, mencuci mobil/motor, menyapu rumah dan masih banyak lagi.

Oh ya #FYI jika kalian kurang beraktivitas fisik bisa menyebabkan obesitas loh. Makanya ayo jangan MAGER alias males gerak!

Di Awal acara, Seluruh peserta Temu Blogger Kesehatan melakukan Senam Peregangan saat di Kantor




Kedua, Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung vitamin dan minera yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga penting bagi kita mengonsumsi buah dan sayur dalam julmah yang cukup. Kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak. Jangan lupa untuk menimbang berat badan ya teman-teman :p.
Buah dan Sayur kaya akan serat dan mineral, jadi baik untuk pencernaan

Dan yang ketiga, Cek Kesehatan secara Rutin dan Berkala.

Sudah pasti agar kesehatan kita terjaga, periksalah secara rutin yaitu dengan cara mengecek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol darah, tes darah lengkap di laboratorium, ukur lingkar perut dan untuk khusus perempuan, lakukan tes IVA (Inpeksi Visual Asam cuka) untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Sebaiknya periksa kesehatan setiap enam bulan sekali. Jangan nunggu sakit dulu baru kita periksa ke rumah sakit. Ingat "Mencegah lebih baik daripada Mengobati ! ". Pemeriksaan ini dapat dilakukan di Puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya ya.

Para Blogger dan tamu undangan antusias melakukan cek kesehatan gratis














Tenang, cek gula darah gak sakit kok rasanya. Rasanya cuma dipincut sama pulpen gitu. Hehehe :p



Ahhh... Selama 9 jam acara ini, tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul lima sore. Bisa dibilang aku sangat beruntung sekali bisa ikut dalam kegiatan yang sangat positif+ ini. 

Semoga kedepannya Kemenkes RI lebih banyak lagi down to earth bareng teman-teman penggerak sosial lainnya buat mensosialisasikan #Germas ini sehingga makin banyak orang yang sadar untuk hidup lebih sehat.

Akhir kata, untuk mendukung Germas, gunakan tagar #dukungGermas atau #Germas dari akun Twitter. Ikuti juga akun resmi twitter @KemenkesRI atau halaman resmi Facebook Kementerian Kesehatan RI atau facebook.com/KementerianKesehatanRI.

Salam Germas,

Ayo “Wujudkan Indonesia Sehat Melalui GERMAS"

Comments

  1. Lengkap banget ni tulisannya Lan. Yuk, dukung Germas.

    ReplyDelete
  2. hahaha iya bener, sakit itu ngeselin (udah nggak enak, mahal pula) :D
    gambarnya keren - keren sist . yuk mulai sekarang terapkan polah hidup CERDIK biar kita sehat.

    Salam blogger NTB dan Salam Hoki

    ReplyDelete

Post a Comment