Skip to main content

Featured

Singgahi Lombok, Begini sambutan Krida Toyota atas kedatangan Tim Beyond Indonesia - East Timor with Toyota

Kedatangan Tim Beyond Journey di Krida Toyota NTB pada tanggal 17 April 2018 Berbicara tentang mobil, aku yakin sebagian dari kalian pasti berpikiran tentang satu nama merek mobil yang terkenal yang katanya awet dan irit yaitu "TOYOTA", dan tepat sekali beberapa hari yang lalu Selasa, 17 April 2018 di Krida Toyota (Dealer Resmi Toyota di Lombok) pun dengan gembira menyambut kedatangan para team Beyond Beautiful Indonesia yang telah melakukan perjalanan panjang kurang lebih 20 hari dari Indonesia Barat hingga Timor Timor.  Wah aku gak abis pikir nih melakukan perjalanan jauh  selama 20 hari untuk suatu misi dan melewati darat laut gunung pantai dan sebagainya dengan hanya menggunakan mobil via darat. Salut buat om-om journey. Rentetan Mobil-Mobil yang digunakan oleh Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia Oh ya, sebelumnya pasti kalian pada masih belum tau siapa sih Tim Beyond Journey ini.  Tim Journey Beyond Beautiful Indonesia merupakan gabungan tiga komuni

Demi Dorong UKM Kuliner di Mataram, YDBA Luncurkan Program Pembinaan Sektor Unggulan





Salam Entrepreneurs,

Pada tanggal 6 Oktober 2017, bertempat di Kantor PPKP Mataram, Pak Henry C.Widjaja selaku Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didampingi Ibu Lindrawati, koordinator LPB Mataram bersama perwakilan UKM menandatangani nota kesepakatan dalam acara "Kick Off Sektor Unggulan UKM Kuliner" yang berisi langkah komitmen bersama sampai akhir tahun 2018 untuk mengembangkan UMKM Kuliner di Mataram dan sekitarnya.

Sebelumnya, di Mataram hanya banyak terfokus dalam pembinaan Sektor Unggulan Kerajinan seperti cukli, bambu, dan kain tenun saja. Sedangkan seperti yang kita ketahui di Lombok ini terkenal dan berpotensial sekali dengan kuliner khas nya tapi sayangnya belum mendapat perhatian yang lebih baik dari yayasan lain dan pemerintah. Maka dari itu hal ini membuat dari pihak LPB dari YDBA memilih  membina Sektor Unggulan Kuliner.

YDBA mengembangkan sektor unggulan dalam rangka mengembangkan komunitas UKM dengan harapan agar UKM-UKM yang bergabung dalam mitra tersebut bisa melakukan usaha secara berkelanjutan. Yang dilakukan YDBA antara lain pemberian pelatihan terkait quality kontrol, pembukuan, pengelolaan keuangan, pemasaran, dan mendampingi usahanya menjadi UKM mandiri.

Pak Henry C Widjaja bersama Ibu Lindri membuka acara Kick Off Sektor Unggulan UKM Kuliner







Sambutan dari Pak Henry, selaku Ketua Pengurus YDBA

Pak Henry menjelaskan kepada para pelaku UKM kuliner tentang program-program pendampingan yang dilakukan YDBA di daerah-daerah lain


Penandatangan  nota kesepakatan sebagai bentuk komitmen bersama untuk mngembangkan UMKM Kuliner di Mataram


Tujuan diadakannya program sektor unggulan ini bagi UKM Kuliner di Mataram adalah untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, produktivitas, standarisasi mutu hasil, serta memperluas jangakuan pemasaran produk.

Tidak hanya itu, YDBA berusaha agar bisa terus membantu memotivasi para pengusaha UKM untuk "naik kelas" dan "awet" dalam menjalankan bisnisnya, selain itu diharapkan yang menjadi anggota komunitas UKM sektor unggulan bisa menjadi UKM Mandiri yaitu UKM yang memiliki bisnis yang berkelanjutan.

Tentu saja hal ini di respon juga sangat baik oleh pelaku-pelaku UKM bidang kuliner di Lombok agar bisa berkomitmen bersama-sama menjadi usaha yang lebih baik dan bersaing.





Yayasan Dharma Bhakti Astra  (YDBA)

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)  merupakan yayasan yang didirikan sejak tahun 1980 sebagai komitmen PT. Astra Internasional untuk berperan serta secara aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.dengan filosofi “Berikan Kail Bukan Ikan”.

Sepanjang 35 tahun perjalanannya, YDBA telah membina 8.646 UMKM yang tersebar di Indonesia. Untuk pemuda putus sekolah, YDBA telah melatih 552 pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA juga telah menciptakan 57.837 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.
 
Untuk melakukan pembinaan di daerah, YDBA bersama Grup Astra mendirikan lembaga pengembangan bisnis (LPB) yang sampai saat ini telah berjumlah 12 LPB yang berada di, Jakarta, Kutai Barat, Sidoarjo, Palembang, Kapuas Tengah, Tapin, Yogyakarta, Tegal, Paser, Pontianak, Muara Enim dan salah satunya yaitu di Mataram kota tercinta kita.

Sektor Unggulan di Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mataram melibatkan 35 UKM yang bergerak di bidang kuliner seperti catering, rumah makan, hingga makanan siap saji. 

Nah salah satu UKM Mandiri yang sudah sukses di bina oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan bahkan tahun ini mendapat reward dan yaitu Bu Kus Catering. Kami beruntung sekali juga dapat berkunjung ke rumah produksi dari Bu Kus Catering ini.


Tampilan kantor Bu Kus Catering yang berada di daerah Pagutan

 

Bu Kus Catering

Usaha Bu Kus Catering ini merupakan salah satu anggota mitra binaan dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang bergerak dalam bidang kuliner. Bu Kus Catering milik Ibu Wagini dan suaminya ini merupakan salah satu UMKM mandiri kerajinan terbaik dalam ajang YDBA award tahun 2017 bulan lalu di Jakarta.

UKM Bu Kus Catering ini dibangun sejak tahun 2011, memiliki  25an orang pekerja tetap dan tidak tetap dan alhamdullilah saat ini usaha Bu Kus Catering sangat berkembang pesat. Kantor Bu Kus Catering berlokasi di Jl Batu Bolong no 35, Pagutan.



Ibu Wagini menceritakan kisah perjuangannya saat merintis usahanya diawal tahun 2009.



Beberapa Penghargaan yang telah diraih oleh Bu Kus Catering



Stok bahan makanan yang ditata dengan rapi dan secara operasional



Mencicipi hidangan makanan dari Catering Bu Kus di siang hari. Kenyangggg poollll






Saat ini,UKM Kuliner  Mitra LPB Mataram yang tergabung ke dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Cabe Rawit telah berhasil memasuki pasar beberapa outlet Indomaret di Mataram melalui produk makanan siap saji seperti nasi kuning, sandwich, siomay dan beberapa produk lainnya.

Berikut ini beberapa produk-produk hasil kuliner produk kemasan dari Koperasi Serba Usaha "Cabe Rawit" yang dibina oleh YDBA dan bisa menjadi oleh-oleh khas Lombok jika anda ingin memberikan bingkisan kepada sanak keluarga anda di luar daerah. Mantap











Thankyou

Comments